Peringati Hari Ibu ke-94 Pj Gubernur Serukan Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan

oleh -73 views
Peringati Hari Ibu ke-94 Pj Gubernur Serukan Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan.

PANGKALPINANG, HR – Memperingati Hari Ibu 2022, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin mengajak semua pihak untuk bergerak bersama melakukan penguatan pelaksanaan pengarusutamaan gender serta peningkatan pemberdayaan perempuan di segala sektor pembangunan.

“Saya mengajak kita semua, mari kita tingkatkan partisipasi perempuan di segala bidang,” ujar Pj Gubernur saat menyampaikan sambutannya pada acara Peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 tingkat provinsi di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (19/12).

Ia mengatakan di saat pandemi Covid-19 tengah melanda Tanah Air, memperlihatkan peran perempuan sangat vital sebagai penggerak sosial. Termasuk perannya sebagai tenaga kesehatan, ilmuwan, hingga pencegah penyebaran Covid-19 melalui keluarga.

Sehingga melalui peringatan Hari Ibu ke-94, ia berharap para perempuan untuk terus mengambil peran dan karya nyata bagi Indonesia.

Lebih lanjut dikatakannya, peran perempuan juga harus bisa menjadi pengambil keputusan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan di Bumi Serumpun Sebalai.

“Ayo bersama kita wujudkan pembangunan di Babel yang berkeadilan dan responsif gender,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Prov. Kep. Babel dalam giat tersebut menyampaikan tentang sejarah singkat Hari Ibu yang telah digagas sejak tahun 1928.

Hari Ibu, baginya tidak hanya diperingati untuk menghargai jasa perempuan sebagau ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh.

“Baik sebagai ibu, istri, dan warga negara, warga masyarakat, dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional,” ungkapnya.

Sehingga menurutnya, makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan, persatuan, serta kesatuan perjuangan bangsa yang tak terpisahkan.

Loading...

Pada peringatan Hari Ibu tahun ini, Pemprov Kep. Babel memberikan berbagai penghargaan di beberapa kategori, diantaranya:

  1. Pelaksana terbaik PKK bangga kencana kesehatan : Desa Tiang Tiara, Kabupaten Bangka;
  2. Pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat : Desa Belinyu, Kabupaten Bangka;
  3. Pelaksana terbaik lingkungan hidup bersih dan sehat : Kelurahan Keramat, Kota Pangkalpinang;
  4. Pelaksana terbaik Posyandu : Posyandu Delima, Desa Sidoharjo, Kabupaten Bangka Selatan;
  5. Kinerja Perangkat Daerah bidang pengendalian penduduk tahun 2022: DP2KBP3A Kabupaten Bangka Tengah;
  6. Kampung Keluarga berkualitas CIKAR tingkat provinsi tahun 2022: Kampung Keluarga berkualitas Desa Air Anyir, Kabupaten Bangka;
  7. Kepala Desa/Lurah perempuan terbaik: Daryansih, Lurah Ketapang, Kota Pangkalpinang;
  8. Forum PUSPA Kabupaten/Kota terbaik: Forum PUSPA Kabupaten Belitung. agus priadi

Tinggalkan Balasan