Peran Personil Harus Maksimal dan Jaga Netralitas

oleh -32 views

MAMUJU, HR – Puncak pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS) akan dilakukan tepatnya tanggal 17 April 2019. Hal ini tentu menjadi fokus perhatian kita selaku pihak pengamanan hingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Untuk itu, bagi seluruh personil yang di standbykan harus betul-betul memaksimalkan perannya membeck Up rekan-rekannya yang melakukan pengamanan di TPS.

Banyak hal yang bisa kita lakukan salah satunya dengan patroli menyambangi masyarakat untuk memberikan rasa aman hingga pada puncak pemilihan.

“Sehingga masyarakat merasa aman dan terlindungi saat berpartisipasi menyuarakan pilihannya di TPS,” jelas Karo Ops Polda Sulbar Kombes Pol Moch Noor Subchan saat memimpin apel rutin kesiapan personil yang standby, Senin (15/4/19) di Mapolda Sulbar Jl. Aiptu Nurman Kalubibing Mamuju.

Disamping itu, pihaknya juga menyampaikan kepada seluruh personil saat dilapangan agar betul-betul memahami tugasnya, jangan sampai terpancing melakukan tindakan kepolisian saat melihat pelanggaran di TPS.

Ingat tugas kita hanya menjaga dan memastikan keamanan di TPS, kalau persoalan yang muncul pelanggaran di TPS maka yang berhak melakukan tindakan adalah Bawaslu kecuali dari pihak KPPS atau bawaslu sendiri meminta langsung bantuan kepada pihak kepolisian.

“Jangan sampai terpancing melakukan tindakan kepolisian saat melihat pelanggaran di TPS yang bisa berdampak pada keamanan dan ketertiban pemilihan di TPS,” tutur Karo Ops.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum, Pemungutan dan Penghitungan Suara disepakati tutup 13.00, hanya saja jika masih ada pemilih yang sudah terdaftar sebelumnya dan masih tersedia surat suara maka bisa dilanjutkan.

Jika surat suara di TPS sudah habis sedangkan pemilih sudah terdaftar maka KPPS bisa memindahkan ke TPS terdekat. Hal ini harus kita pahami sehingga tidak menjadi permasalahan di lapangan.

Diakhir arahannya, Karo Ops juga mengatakan, di masa tenang ini jangan sampai kita lengah tapi lebih maksimalkan kerja dan yang terpenting jangan celometan, diam saja dan bicara seperlunya demi menjaga stabilitas kamtibmas.

Nampak hadir dalam kegiatan ini, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si beserta para pejabat utama serta seluruh personil Polri yang di standbykan.

Sementara itu, ditempat yang sama Kabid Humas AKBP Hj Mashura mengatakan persiapan pada puncak pemilihann telah dipermantap, untuk itu kami juga mengharapkan partisipasi seluruh pihak agar pesta demokrasi ini berjalan lancar. tia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *