,

Pengontrak Gigit Jari Tak dapat Bantuan Sembako, Orang Mampu Kebagian

oleh -845 views
Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi.

JAKARTA, HR – Pembagian bantuan sosial (Basos) sembako dampak Corona (Covid-19) di Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat pilih kasih. Diketahui orang mampu mendapat bantuan dari pemerintah, sementara warga yang mengontrak rumah hanya gigit jari, tidak mendapatkan apa-apa.

Seperti misalnnya di RT 12 RW 06, Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakbar sebagian warga sudah mendapatkan bantuan sembako, diduga orang pilihan RT, demikian pemilik kontrakan pun sudah mendapatkan paket tersebut.

Beberapa warga yang mengontrak rumah yang seharusnya diperhatikan pemerintah akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) malah tak mendapatkan Bansos tersebut. Bahkan, mereka merasa cemburu sosial ketika hanya sebagian warga yang mendapatkan bantuan tersebut. Bahkan, orang lebih mampu yang mendapatkan.

Seperti dituturkan salah seorang warga mengontrak sebut saja SI, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, ketika di cek ke RT 12, dia ketahui bahwa hanya sebagian warga yang mendapatkan paket bantuan tersebut.

“Kalau ada datanya aja, dari pusat ada baru dapat (peketnya),” jelas ibu tersebut, menirukan perkataan pihak ibu RT tersebut.

Diketahui bahwa sejumlah pengontrak di RT 12 tersebut tidak mendapatkan bantuan (paket) bantuan sosial (Bansos) sama sekali. Demikian juga di RT 11, RW 06, Joglo, bahwa warga pengontrak belum mendapatkan bansos itu.

Ketika dikonfirmasi kepada Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi menjelaskan agar orang mampu tak menerima bantuan tersebut, bila sudah menerima agar mengembalikannya.

“Orang mampu agar tdk menerima sembako, jika orang mampu ada dalam data sembakonya agar dikembalikan. Bagi orang yg seharusnya dapat sembako (orang tdk mampu atau orang susah) dan tdk terdaftar, agar segera mendaftar di RT utk segera diusulkan utk mendapatkan sembako,” sebut Walikota Rustam Effendi kepada HR, Sabtu (18/4/2020).

Sementara, Lurah Joglo, Matrullah, menyampaikan, mungkin belum semua diberikan ke warga. “Mohon maaf pak memang bantuan tsb sdh disalurkan langsung dari prov ke RT RW berikut by name by address mungkin belum semua diberikan ke warga karena 2 tahap mohon kesabarannya Insya Allah tahap 2 akan kebagian,” jelas Lurah Matrullah kepada HR.

Namun, Camat Kembangan, Joko, ketika dikonfirmasi melalui WA tidak menjawab. Untuk itu, pemerintah agar lebih memperhatikan proses pendistribusian paket bansos kepada warga masyarakat yang kurang mampu agar pembagian lebih merata. didit/agus

Tinggalkan Balasan