Pemkab Barito Utara Sambut Baik Apel Gelar Satgas Huma di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan

oleh -119 views
Pemkab Barito Utara Sambut Baik Apel Gelar Satgas Huma di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

MUARA TEWEH, HR – Bupati Kabupaten Barito n Utara, H Nadalsyah ikut menghadiri Kegiatan Apel gelar satgas Huma “desa mandiri menuju langit biru di bumi khatulistiwa” di lapangan Makodim 1013/Mtw, Rabu (15/07/2020).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolres Barito Utara, AKBP Dodo Hendro Kusuma SIK beserta unsur perangkat daerah Kabupaten Barito Utara dan tamu undangan lainya. Kegiatan gelar satuan tugas Huma diadakan untuk mendukung kelancaran program desa mandiri menuju langit biru di bumi tambun Bungai yang merupakan tindak lanjut UU nomor 34 tahun 2004 tentang tugas TNI dalam mengemban tugas operasi militer selain perang.

Adapun yang melatarbelakangi pembentukan satgas Huma di wilayah Kalimantan barat dan Kalimantan tengah adalah seringnya bencana kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan. Satgas Huma memiliki kemampuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini serta mengantisipasinya. Pemberian nama “HUMA” merupakan suatu filosofi orang terdahulu dengan kearifan lokalnya dimana membuka lahan untuk berladang dengan tidak membakarnya.

Loading...

Bupati Barito Utara menyambut baik dengan terbentuknya satgas Huma tersebut. Bupati mengharapkan keberadaan satgas Huma dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi bencana alam khususnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Barito Utara. mps

Tinggalkan Balasan