Pembukaan Jalan Produksi Perkebunan Telan Biaya Rp 1,6 M

SAMOSIR, HR – Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kehutanan membelanjai paket proyek pembukaan jalan produksi perkebunan tahun 2015 senilai Rp 1,6 M lebih. 
Paket proyek bernilai milliaran untuk pembukaan jalan, dialokasikan menjadi 9 paket proyek yang berlokasi di beberapa desa antara lain; Kecaman Ronggurnihuta, Desa Sabungan Nihuta, Praduan dan LIntong Nihuta. Kecamatan Sianjur Mulamula, Desa Hutagurgur dan Siboro. Kecamatan Palipi, Desa Sideak Dolok. Kecamatan Onanrunggu, Desa Sipira. Kecamatan Nainggolan, Desa Panannggangan I dan Pananggangan II.
Pengadaan paket proyek jalan produksi tersebut didanai dari APBD murni pemerintah kabupaten Samosir tahun 2015 dengan berdasarkan permohonan masyarakat berkelompok yang berada dalam suatu lokasi perladangan.
Pihak kehutanan dan perkebunan Samosir ketika dikonfirmasi HR menyatakan bahwa pengadaan paket proyek pembukaan jalan produsi perkebunan tersebut sudah dilakukan juga pada tahun 2014 yang lalu. 
Namun ketika HR menayakan untuk merealisasi perhonan masyarakat dapat dikerjakan dengan keberadaan alat berat yang dimiliki pemerintah kabupatan, dijelaskan tidak akan memakai alat milik Pemkap Samosir, karena paket tersebut akan dikerjakan melalui rekanan pihak kontraktor.
Berdasarkan hasil pantauan HR di salah satu paket proyek pembukaan jalan produksi yang berada di desa Siboro, untuk pekerjaan pembukaan jalan dengan alat berat hanya diselesaikan dengan waktu kurang satu minggu dengan jarak panjang jalan lebih kurang 800 m.
Selanjutnya, informasi yang himpun HR dari pihak rekanan alat berat manyatakan, untuk biaya persatuhari 8 jam keja hanya berbiaya 4-5 juta untuk alat berat jenis excavator. gomgom

Tinggalkan Balasan