Pembangunan Fasilitas Air Bersih Mubazir

oleh -195 views
BELITUNG, HR – Salah satu hak yang harus dipenuhi pemerintah kepada masyarakat adalah tersedianya air bersih, sehat dan layak untuk dikonsumsi. Demikian juga halnya dengan warga Desa Dendang Kecamatan Dendang Kab Belitung Timur, yang seharusnya sudah menikmati air bersih langsung ke rumah-rumah mereka, tapi hingga berita ini diturunkan hal itu tak pernah terjadi. Padahal saat musim kemarau panjang seperti sekarang, masyarakat sangat membutuhkan air bersih.
Proyek air bersih yang sudah dibangun bertahun-tahun lalu tak pernah berfungsi sebagaimana mestinya, seperti yang dituturkan salah satu warga desa yang juga tokoh pemuda Dendang, TN, yang kebetulan sedang berada disekitar bangunan proyek untuk mengambil air di sekitar pohon sagu.
“Sebetulnya proyek ini dibangun sudah lebih dari lima tahun, tapi hingga kini (2/9/15), tersedianya air bersih ke rumah-rumah atau setidaknya ke bak-bak penampung tak pernah terjadi, pipa pengantar yang dipasang hingga berkilo meter juga mubazir, kami bingung apa sebetulnya motifasi pemerintah membangun ini kalau tak akan bermanfaat,” tegas TN.
Proyek yang berada persis di belakang kantor Desa Dendang ini bangunannya terlihat sudah rusak dan terbengkalai, pagarnya sudah roboh bahkan mesin hisap air sudah tidak ada dicuri orang yang tak bertanggung jawab.
Sayangnya Kantor Desa Dendang sudah tutup saat media ini akan konfirmasi permasalahan ini. ■ marjono

Tinggalkan Balasan