Pasca Porwil IX, Babel Peringkat Lima, Sumsel Peringkat Dua

oleh -212 views
BABEL, HR – Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Effendi resmi menutup Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke-IX di Kota Pangkalpinang, yang merupakan Ibukota Propinsi penghasil timah ini.
Porwil yang berlangsung dari 13 November hingga 21 November 2015 itu menyisahkan kenangan, dengan perolehan kontingen tuan rumah hanya mampu bertengger di urutan ke 5, memperoleh medali 18 emas, 16 perak dan 21 perunggu. Sedangkan Sumatera Selatan menduduki peringkat kedua, memperoleh medali 35 emas, 28 perak dan 27 perunggu. Sebagai juara umum Porwil kali ini dari kontingen Provinsi Riau, dengan perolehan 41 emas, 33 perak dan 21 perunggu.
Sementara itu kontingen Sumatera Utara dapat 24 emas, 21 perak dan 34 perunggu. Sumatera Barat 20 emas, 20 perak dan 28 perunggu. Disusul Aceh 9 emas, 13 perak, 14 perunggu, Lampung 5 emas, 9 perak, 13 perunggu. Jambi 3 emas, 10 perak dan 7 perunggu. Bengkulu 2 Emas, 1 Perak dan 2 perunggu dan Kepri 1 emas, 2 perak dan 8 perunggu.
Menurut Gubernur Babel,perjuangan atlet sudah cukup maksimal untuk merebut medali yang tersedia. Contoh atlet panjat tebing bisa peroleh medali emas. Hanya saja harus mengakui keunggulan lawan. “Walau begitu Gubernur berharap perjuangan atlet Babel kedepan akan jauh lebih baik lagi, karena masih banyak even-even olahraga yang mesti kita ikuti. Dan PORWIL IX ini merupakan ajang mencari bibit- bibit atlet berprestasi untuk diikutkan pada pertandingan yang akan datang,” ucap Rustam Effendi. Orang nomor satu di Babel itu pun memberi apresiasi dan ucapan selamat kepada kontingen Propinsi Riau yang tercatat sebagai juara umum pada PORWIL IX ini.
Roni Rahman sekretaris panitia PORWIL IX mengutarakan, laga PORWIL setiap 4 tahun diadakan sebagai tuan rumah ditunjuk atas kesepakatan, dan sedikitnya ada 2.017 atlet dan official yang datang ke Babel. Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan.
Sedangkan Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Didit Srigus Jaya sangat mensupport terselenggaranya PORWIL IX. Akan tetapi Ia akan menanyakan ke panitia atas tersedotnya dana APBD senilai Rp 39 milyar untuk even empat tahunan ini. Sebab kata Didit acara pembukaan PORWIL IX terlihat kurang semarak sedangkan dana begitu banyak. “Akan kita crosscheck ke panitianya nanti,”pungkasnya. cikgu/iwan

Tinggalkan Balasan