Panwascam Lantik 17 Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa di Aula Kecamatan Nanga Pinoh

oleh -248 views
MELAWI, HR – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Melawi Propinsi Kalimantan Barat secara resmi melantik Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa, Minggu (14/01/2018), Pukul 9.30 Wib, di Aula Kantor Camat Nanga Pinoh.
Ke-17 orang Panwaslu Kelurahan/Desa ini dilantik oleh Ketua Panwascam, Zaini hendra Ama, berupa pengangkatan sumpah, pembacaan pakta integritas oleh Panwaslu Kelurahan/Desa dan penandatanganan berita acara pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa oleh Ketua Panwascam.
Menurut Zaini Hendra selaku Ketua Panwascam, bahwa pelantikan ini merupakan sebuah amanat yang harus dijalankan demi memperpanjang turunan Pengawas Pemilu, baik dari Pusat, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Kelurahan/Desa.
“Jadi Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik hari ini akan bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa” jelasnya.
Dia menambahkan kewenangan Panwaslu Kelurahan/Desa sudah diatur secara Undang-undang.
“17 Orang ini Panwaslu Kelurahan/Desa telah diberi kewenangan secara Undang – undang untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa dan memantau segala dinamika politik yang berujung pada munculnya dugaan pelanggaran atau nyata pelanggaran” tegasnya.
Selain itu, dia pun menjelaskan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik hari ini merupakan Panwaslu Kelurahan/Desa yang dinyatakan lulus dalam tahap penyeleksian berkas pendaftaran dan pelaksanaan tes wawancara.
“17 orang ini dinyatakan lulus sesuai dengan penilaian obyektif dari Komisioner Panwascam sehingga berhak dilantik dan ditugaskan ke Kelurahan/Desa masing – masing” katanya.
Untuk diketahui bahwa 17 orang Panwaslu Kelurahan/Desa ini akan ditempatkan masing – masing 1 orang di tiap Kelurahan/Desa yang sudah ditentukan,” pungkasnya.
Usai pelantikan, Camat Nanga Pinoh, Daniel, memberi arahan untuk 17 orang segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya di desanya masing-masing.
“PPL adalah pengawasan di tingkat desa. Mereka akan menjadi kepanjangan dari Panwascam di desa-desa atau kelurahan-kelurahan. Tugas ini sangatlah berat. Kejujuran dan kedewasaan diri sangat dibutuhkan untuk menjalankan amanah dengan baik. Selamat bekerja mengawasi setiap tahapan Pemilu dan pemilihan. Selalu solid dalam bekerja dan netral dalam setiap tindakan,” pungkasnya. abd


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan