Panunggangan Timur Membentuk PKL untuk Kedisplinan dan Kemandirian

oleh -165 views
TANGERANG, HR – Pratek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
Sebuah pengalaman, pembinaan dan pembelajaran yang saat ini sedang di lakoni oleh Dewi Wahyuningsih, Hilda Syah Busri, Rifka Aulia Putri, Teti Nurdiyanti, Wira Surya kelas 11, kelima anggota PKL ini berasal dari sekolahan SMK Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang yang sejak awal 22 Agustus 2016 dan berakhir 22 Oktober 2016 ini melakukan program PKLnya di Kelurahan Panunggangan Timur, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.
PKL di Kelurahan Panunggangan Timur ini mereka sangat kerasaan nyaman, kekeluargaan, namun tetap bersikap profesional dan team work harus terjaga, kendati Cuma PKL para staf Kelurahan Panunggangan pun mengajarkan nilai-nilai kesopanan, kejujuran, keramah-tamahan dan amal ibadah, Senin(05 September 2016 ).
Kelima siswa ini ibaratkan sedang mengikuti The Voice Indonesia yang selalu diberikan bimbingan dan pembinaan, namun disini mereka bukan diajarkan olah vocal suara, membaca notasi balok music, penguasaan panggung, mereka PKL dibutuhkan peran kerjasama, tangkas dan inisiatif seperti lebih melaksanakan segala kegiatan yang bertujuan pemberdayaan masyarakat, memelihara fasilitas publik, mengelola dan membina administrasi Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) dan memberi pelayanan pemerintah kepada masyarakat sesuai ruang lingkupnya.
“Anak-anak Sekolah PKL ini kami selalu memantau jika mereka sudah memulai dengan tugas-tugasnya. Lalu kami pun membimbing dan membina kedisplinan dalam segala hal juga sifat kemandirian harus kami tanamkan kepada mereka,” papar Lurah Panunggangan Timur, Apiffudin.
“Dengan PKL ini, kami sangat berharap dapat mencetak dan melahirkan regenerasi bukan untuk daerah kita saja, tetapi keseluruhan khususnya bangsa dan Negara ini,” lanjutnya.
‘Kami semua merasa beruntung dan senang, karena kami disini banyak mendapatkan pengalaman yang berharga, menambah wawasan materi yang lebih luas dan ilmu pengetahuan bertambah. Kelak sangat berguna, jika kemudian hari sudah terjun di dunia kerja. Pak Lurah dan para staf baik-baik dan familiar,” ujar Wira Surya Anggota PKL kelas 11 SMK Ki Hajar Dewantoro. haryo


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan