Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Sidomulyo Tahun Anggaran 2019

oleh -489 views

MELAWI, HR – Rapat Musdes RKP Pemerintah Desa Sidomulyo dipimpin Ketua BPD Sidomulyo, H.Rusnawi didampingi anggota BPD nya, Kamis (20/12/2018).

“Menyusun RKP Desa sebagai penjabaran RPJM Desa. RKP Desa disusun oleh Pemerintah Desa Sidomulyo sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah Kabupaten Melawi, berkaitan dengan pagu indikatif desa dan rencana kegiatan pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota,” jelasnya.

Dalam acara rapat tersebut hadir staf Camat Nanga Pinoh, angota Koramil Nanga Pinoh, anggota Polsek Nanga Pinoh dan pengawas desa serta tokoh masyarakat, perangkat desa, kepala dusun dan ketua RT.

Kepala Desa Sidomulyo, Sugimiarto mengutarakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, Tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) meliputi penyusunan perencanaan pembangunan desa,dimana Desa Sidomulyo sendiri, terdiri dari berapa dusun dan RT Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.

“Berdasarkan musyawarah dari tingkat dusun tersebut kemudian di bawa ke tingkat musyawarah Desa,” katanya.

Adapun prioritas usulan yang di bawa ke tingakat Desa yang sudah di sepakat, disebutkan Sugimiarto adalah:

1. Jalan Rambat Beton Lokasi Jalan Abdul larif RT.010/001. 3 m x 150 m.
2.Jalan Rambak Beton Lokasi Jalab Natai Gunuk RT.13. 2mx100m.
3. Jalan Rambat Beton Lokasi Jalan Makam RT 11/02.
4. Drainase Likasi RT 018/01. 70m.
5. Drainase RT.013/00, 100m.
6 Drainase lokasi Rt 07, 100m
7.Jalab Rambat Beton lokasi RT 018/01, 2 x 100 m.
8. Drainase lokasi RT. 003/002. 100 m.
9. Jalan Rambat Beton lokasi RT 12/02. 2mx100.
10. Drainase lokasi RT.02/02. 100 m.

Menurutnya peran serta dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam proses penyusunan RKP Desa tersebut. Karena dokumen ini merupakan cikal bakal dari nanti penetapan APBDesa Tahun 2019.

”Ini tentang apa yang akan kita tinggalkan untuk desa ini, bukan apa yang akan kita dapatkan dari desa ini,” ujar Kepala Desa Sidomulyo, Sugimiarto.

Ia juga berharap dari sinergi antara warga dan Pemerintah Desa Sidomulyo akan dihasilkan prioritas program-program yang pro masyarakat dan yang jelas untuk kemajuan Desa Sidomulyo ini kedepannya.

Ketua BPD Desa Sidomulyo H. Rusnawi mengatakan saat diwawancara awak media HR di ruang kantor Desa Sidomulyo bahwasanya selama beliau mendampingi kepala desa sebagai pengawas, kinerja pemerintahan desa selama ini masih on the track, walaupun ia mengakui memang masih ada kekurangan dan harus dibenahi bersama-sama.

Rusnawi mengingatkan terkait masa jabatan BPD nya akan berakhir pada tahun 2018 ini, ia minta kepada warga masyarakat agar bersama-sama untuk mengawas pembangunan peroyek desa yang dilaksanakan dari desa, guna untuk kelancaran dan kebaikan pembangunan di Desa Sidomulyo ini.

Pada kesempatan ini pula, Kepala Desa Sidomulyo meminta doa restu kepada seluruh warga masyarakat agar pembangunan bisa merata dan sesuai dengan rencana sukses dan lancar.

Loading...

“Kami dari Pemerintah Desa Sidomulyo tidak bisa berjalan sendiri, kami butuh masyarakat untuk bersama bersinergi bergandengan tangan untuk memajukan dan membangun Desa Sidomulyo,” ungkapnya. abd

Tinggalkan Balasan