MTs Negeri 40 Jakarta Adakan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah)

oleh -647 views
oleh

JAKARTA, HR – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan kegiatan awal tahun ajaran baru yang sudah menjadi tradisi di setiap madrasah untuk menyambut siswa–siswi baru.

MTs Negeri 40 Jakarta mengadakan MATSAMA dengan penuh semangat dan antusias pada hari Rabu. Berlangsung selama tiga hari. Bertujuan untuk membantu para siswa beradaptasi dengan lingkungan madrasah, saling mengenal antar teman sekelas, memperkenalkan beragam program pendidikan, sarana dan prasarana madrasah serta mempromosikan ekstrakurikuler yang ada.

Asroh M.Pd Kepala MTsN 40 Jakarta menerangkan kepada HR bahwa MTsN 40 menerima 5 rombel, sesuai dengan regulasi dan ketentuan bahwa PPDB yang dikeluarkan oleh Kanwil kementerian Agama DKI Jakarta tahun ini terdiri dari beberapa jalur atau tahap yaitu zonasi, Prestasi, Madrasah, tahfidz, Regular, dan Tahap Akhir bahkan ada jalur yang disediakan untuk para anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Prosentasi setiap jalur dilaksanakan berbeda–beda. “Alhamdulillah PPDB berjalan dengan lancar, aman, tertib dan terkendali,” ujarnya.

Setelah PPDB selesai sebelum memasuki proses pembelajaran di MTsN 40, kami mengadakan Matsama. Intinya memperkenalkan kelas 7 di lingkungan madrasah baik itu perkenalan secara fisiknya maupun perkenalan programnya. Materi yang diberikan selama 3 hari berturut – turut (Rabu, Kamis dan Jum’at).

“Selaku Kamad saya selalu memonitor jalannya Matsama untuk menghindari adanya bullying tindak kekerasan secara fisik maupun verbal kemudian menghindari juga adanya intoleran, sikap yang kurang baik. Yang ditanamkan dalam MTsN 40 itu masuk dalam ranah sekolah ramah anak sehingga kami melayani anak dengan sepenuh hati keramahtamahan. Matsama dimulai pada pukul 6.30 – 10.30 dengan materi berbeda – beda masa transisi dari tingkat dasar ke tingkat menengah,” ungkapnya kepada HR.

“Harapannya setelah siswa mengikuti Matsama adalah bahwa siswa MTsN 40 Jakarta, adalah anak baru anak pilhan. Dengan bahan baku yang baik ini kami akan olah dan kami akan proses dengan baik sehingga akan menghasilkan output yang baik pula,” pungkasnya.jm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *