MM Usul Gugat, Welbertus Ajak Masyarakat Memaklumi WA Wabup Sintang

SINTANG, HR – Relawan dan simpatisan Mandau Mengkilat (MM) pada Pilkada Sintang Kalimantan Barat 2020 lalu, mulai usulkan rencana gugatan secara hukum terhadap Wakil bupati (Wabup) Sintang Yosef Sudiyanto SH atas komunikasi WhatsAppnya kepada Romo Markus Sejo yang viral 4 -5 Juni 2021.

Percakapan melalui Wa yang melecehkan, menghina, mencemarkan nama MM, yang dilakukan Wabup bukan pada tempat dan waktunya, karena hingga berita ini diturunkan belum di klarifikasi oleh Wabup.

Ada klarifikasi Wabup 6/6/2021, hanya ditujukan kepada Romo Markus Sejo, sementara obyek yang Ia lecehkan (MM-red) belum ia lakukan. “Ini menandakan bahwa Wabup Sintang memang sengaja melakukan hal meremehkan itu,” ujar Toni, perwakilan relawan MM kepada HR (8/6).

“Kami wajar bertanya, kenapa Wabup sehari setelah Wa-nya viral segera ia klarifikasi yang katanya bercanda karena Romo teman dekatnya, sedangkan MM sama sekali tidak disinggung saat klarifikasi,” sambungnya.

“Hingga hari ini, sudah 6 hari berlalu Wabup Sudiyanto tenang-tenang saja seolah MM dimatanya tidak bisa berbuat apa-apa, oleh karenanya kami telah mengusulkan kepada petinggi MM agar menggugat dan melaporkan Wabup Sudiyanto kepada penegak hukum, pemerintah diatasnya dan DPRD Sintang untuk memprosesnya sesuai aturan yang berlaku atas perbuatannya,” jelasnya.

Di kepolisian misalnya, MM akan melaporkan Wabup Sintang melakukan pelanggaran Pasal 310 ayat 1 KUHP karena memenuhi unsur menista, penghinaan dan pencemaran nama baik.

Lanjutnya, juga akan laporkan bahwa Wabup Sudiyanto mengabaikan/melanggar UU no 4 tahun 1984 tentang wabah penanganan Covid 19 Nomor 6 Tahun 2021.

Hal yang sama, MM juga akan melaporkan kepada Mendagri terkait pelanggaran sumpah jabatan dan kepada DPR terkait pemakzulan.

“Ini sementara usulan relawan dan simpatisan MM atas perbuatan Wabup Sudiyanto yang menurut banyak pihak-pun memang layak dilaporkan,” tutup Toni.

Toni

Sementara, politisi PDIP Welbertus, dihubungi HR pada (8/6), mengemukakan, bahwa pribadinya dapat memakluminya karena kentalnya pilihan kata MM dalam WA Wabup tersebut.

Bahwa ada pihak-pihak yang merasa tidak terima akibat dari isi chat WA tersebut Welbertus juga sebut bisa dimaklumi.

Hanya saja, sambung Ketua Fraksi PDIP DPRD Sintang itu, alangkah baiknya jika semua bisa menahan diri dan saling memaafkan, Apalagi beliau (Wabup-red) sudah klarifikasi dan meminta maaf.

Welbertus dalam penjelasannya ini, pun tidak menjelaskan bahwa klarifikasi Wabup termasuk kepada MM tidak Welbertus ungkapkan.
Beliau berdua lanjut Welbertus ( Yosef Sudianto-Markus Soje) adalah sahabat lama dan Pak Yosef Sudianto juga tokoh katolik yang sudah banyak melakukan perkembangan Gereja Katolik.

Maka peristiwa ini justru dapat mempererat kembali tali silahturahmi antar sahabat, sambung Welbertus. “Jadi kita harus mampu melihat sesuatu yang positif juga dari setiap peristiwa yang terjadi,” ujarnya kemudian.

Loading...

Welbertus menyarankan, kini yang penting adalah membangun komunikasi bagi keduanya dan kedepan berkomitmen membangun serta membela kepentingan masyarakat degan tidak pandang bulu. “Dan marilah saling memberikan kesejukan kepada banyak orang ditengah situasi kita yang sekarang menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan,” pungkasnya. tim

Tinggalkan Balasan