Meningkatkan Kinerja Fungsi Binmas Polres Melawi Gelar Rakor dengan Fungsi Lain

oleh -57 views

Melawi, HR – Sat Binmas Polres Melawi menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan fungsi lain di lingkungan Satker Polres Melawi. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Tri Brata Mapolres Melawi ini diikuti oleh para Kapolsek jajaran, para Kanit Binmas Polsek, para Kanit Sabhara Polsek, para Kanit Intelkam Polsek, para Kanit Reskrim Polsek, Kasium Polsek dan para Bhabinkamtibmas serta Personel Polres Melawi berjumlah sekitar 40 peserta, Kamis (14/2/2019) pagi.

Kegiatan ini dipimpin Wakapolres Melawi Kompol Jajang SKom mewakili Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, SIK, Msi, didampingi Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun.

Dalam arahannya Wakapolres Melawi Kompol Jajang menekankan pelaksanaan kegiatan preventif, dengan lebih menekankan pendekatan kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam menciptakan kondusifitas kamtibmas. Dan tentunya dalam menghadapi Pemilu tahun 2019 ini, yaitu Pilpres dan Pileg serentak pada 17 April 2019.

Sebagai anggota Polri kita tidak boleh terlibat dalam politik praktis apalagi memihak kepada salah satu pasangan calon, tegasnya.

Kompol Jajang mengajak untuk mempererat tali silahturahmi dengan para tokoh masyarakat untuk bersama Polri dalam rangka menciptakan keharmonisan, kerukunan dan ketentraman untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan agenda nasional yaitu Pemilu tahun 2019 ini.

“Agar masyarakat benar benar merasakan iklim demokrasi yang bermartabat dengan terselenggaranya pemilu yang jujur, adil dan bersih dan terciptanya situasi politik yang aman, damai dan sejuk, terangnya.

Selain itu, Wakapolres Melawi juga mengingatkan seluruh anggota secara khusus para Bhabinkamtibmas agar dapat mengantisipasi pembakaran hutan dan lahan, karena sudah memasuki masa bercocok tanam para petani. Tingkatkan sosialisasi dengan mengedepankan sikap yang profesional melalui pendekatan dan silaturahmi turun langsung ke lingkungan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun Ia menambahkan bahwa tugas pokok dan fungsi Sat Binmas adalah bertugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian masyarakat (Polmas), melaksanakan pengawasan masyarakat, melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat baik dalam bentuk pam swakarsa (pengamanan swakarsa), polsus (Perpolisian khusus).

“Serta menjalin kerja sama dengan organisasi masyarakat, lembaga lembaga baik swasta maupun negri dan menjalin silahturahmi dengan tokoh yang ada dalam masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan masyarakat sadar hukum dan peraturan per Undang undangan serta terpeliharanya kamtibmas,” ungkapnya.

Melalui para Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak dalam rangka menciptakan harkamtibmas yang kondusif di Wilayah Hukum Polres Melawi ini, melalui door to door system (DDS), sambang kamtibmas, silaturahmi, sosialisai serta deklerasi yang dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas, kita yakin kondusifitas kamtibmas akan terus terjaga,” paparnya.

Dalam cara itu dibahas juga materi kegiatan fungsi Binmas tahun 2019, diantaranya kegiatan Binkamsa, Bintibmas, Binpolmas, Quick Wins Program 1, Satgas Nusantara, Satgas Bantuan Sosial, Satgas Saber Pungli, Pencegahan Karhutla dan kegiatan Bhabinkamtibmas serta laporan bulanan unit Binmas Polsek Jajaran. abd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *