Membentuk Jiwa Jurnalis, Mahasiswa Sorong Mendadak Jadi Wartawan

oleh -165 views
Mahasiswa Sorong Mendadak Jurnalis

SORONG, HR – Sekitar 100 lebih mahasiswa-mahasiswi dari perguruan tinggi se-Kota dan Kabupaten Sorong, Papua Barat antusias mengikuti kegiatan workshop jurnalistik dengan tema, “Gerakan Literasi Media Dalam Membentuk Jiwa Jurnalis Muda di Indonesia”. Kegiatan di Auditorium Keikkok RRI Sorong, Sabtu-Minggu, 16-17 Februari 2019, berjalan lancar dan menyenangkan.

Dengan diadakannya kegiatan Workshop Jurnalistik ini, generasi muda di Papua Barat khususnya Kota Sorong dapat menjad pera jurnalis muda yang handal dan mau membangkitkan Lembaga Pers Mahasiswa di kampus-kampus mereka dan juga mampu menjadi kontributor bagi beberapa media.

Dari pengamatan, antusiasme para peserta sangat dirasakan sejak hari pertama kegiatan berlangsung. Pada kesempatan ini, peserta berkesempatan bertemu dan mendapatkan ilmu dari beberapa narasumber.

Para narasumbernya adalah Koordinator Liputan Daerah Liputan6.com Harun Mahbub, Agung Sedayu selaku koordinator Presidium FAA PPMI dan redaktur Koran Tempo, Olha Irianti selaku Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Papua Barat, kontributor Antarafoto.com dan Wartaplus.com, juga oleh Wahyudi selaku reporter RRI Sorong.

Terkait fenomena berita palsu atau hoaks, Olha Irianti menjelaskan ciri-ciri hoaks dan cara menanganinya. Para peserta tak hanya mendapatkan teori, namun langsung praktek menjadi wartawan dan mengelola media.

Seluruh peserta mendapat tugas untuk membuat sebuah berita tentang kegiatan Workshop Jurnalistik yang diadakan dan juga sebuah berita tentang keunikan apa saja yang ada di Kota Sorong.

Para peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan menulis mereka setelah mendapatkan materi pada hari pertama kegiatan Workshop Jurnalistik dan bisa belajar menuangkan ide dari para peserta dalam bentuk tulisan sehingga kelak para peserta mampu membuat berita yang baik dan benar.

Loading...

Kegiatan workshop jurnalistik ini diadakan oleh Forum Literasi Sorong Raya yang berkolaborasi baik dengan beberapa lembaga seperti RRI Sorong, BP2IP, UNIMUDA Sorong, Telkom Sorong, BKI Papua Barat. Dan beberapa media partner yaitu Liputan6.com, NET., Radar Sorong, dan PAPUA Chanel. nb

Tinggalkan Balasan