Membangun Perempuan Cerdas di Era Digital

oleh -89 views

MAJALENGKA, HR – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke-23 Tahun 2022 tingkat Kab. Majalengka, Dharmawanita Persatuan (DWP) Kab. Majalengka menggelar puncak peringatan HUT DWP ke-23 tahun 2022, di Islamic Center Kab. Majalengka, Selasa (20/12/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten Daerah Kab. Majalengka, para Kepala OPD, para Camat se-Kab. Majalengka, Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua DWP Kab.Majalengka, Ketua DWP unit OPD dan Unit Instansi/Lembaga, Ketua Organisasi Wanita (GOW), jajaran pengurus dan anggota TP-PKK serta anggota DWP Kab. Majalengka.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kab. Majalengka, Hj. Iim Maemunah Suherman, menyampaikan bahwa pada tanggal 7 Desember 2022 DWP memasuki usia ke 23, DWP merupakan organisasi wanita yang didalamnya beranggotakan istri ASN, peringatan HUT DWP ke-23 Tingkat Kab.Majalengka kali ini mengangkat Tema “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di era Digital”.

Loading...

Lebih lanjut Ketua DWP Kab. Majalengka menyampaikan, ketahanan keluarga mendapatkan tantangan yang luar biasa di era digital. Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di era digital ini, tidak hanya memberi dampak positif tapi juga menimbulkan efek negatif terhadap kehidupan berkeluarga.

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah dalam aspek komunikasi, hadirnya teknologi, memang mengubah budaya perilaku dan komunikasi anggota keluarga, dimana dengan kemajuan teknologi, komunikasi antar anggota keluarga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien, jarak tidak lagi menjadi penghalang, namun disisi lain dimungkinkan terjadinya kondisi dimana anggota keluarga menjadi sangat Intens berinteraksi dengan gawainya sehingga mengesampingkan interaksi dengan anggota keluarganya, selain aspek komunikasi masih banyak lagi sisi negatif yang dihasilkan di era digitalisasi saat ini diantaranya semakin mudahnya anggota keluarga mengakses berita Hoaks, konten pornografi, konten radikal dan intoleransi, namun disisi lain di era digitalisasi dapat menghadirkan banyak peluang dan kesempatan lebih luas untuk kita belajar dan berkarya.

“DWP berkomitmen untuk terus membina anggotanya agar di era digital ini, perempuan yang tergabung dalam DWP ini muncul sebagai sosok yang cerdas memahami teknologi digital dan mampu memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan positif termasuk dalam meningkatkan ekonomi keluarga, selain itu perempuan juga harus menjadi rolemodel bagi keluarga terutama bagi putra-putrinya bagaimana seharusnya mensikapi era digital dan juga sebagai sosok yang terus meningkatkan kapasitaa dan kemampuan dirinya,” ucap Ketua DWP Kabupaten Majalengka

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, dalam sambutanya mengatakan bahwa peringatan HUT DWP ke-23 Tahun 2022 sangat strategis dan penting karena organisasi ini mempunyai tugas pokok dalam menghimpun istri-istri ASN untuk dapat memberikan dukungan suaminya dalam melaksanakan tugas.

DWP juga punya peranan penting dalam membentuk perempuan cerdas dimana sesuai dengan tema peringatan HUT DWP ke-23 kali ini yakni “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di era Digital”. Tema tersebut mengandung arti yang sangat penting sekali apalagi di era digitalisasi saat ini, DWP mempunyai peran untuk memfilter hal-hal negatif di lingkungan keluarga khususnya agar tidak terjerembab pada dampak negatif yang ditimbulkan pada era digitalisasi saat ini.

Masih dikatakan Wabup, DWP perlu bersikap partisiparif ikut meningkatkan Sumber Daya Perempuan dalam membentuk perempuan-perempuan cerdas yang mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan informasi di era digital sekaligus dapat mencari peluang memanfaatkan era digital dalam meningkatkan ketahanan keluarga.

“Saya berharap kepada seluruh anggota DWP di usia ke-23 tahun ini dapat mengaktualisasikan dirinya mengambil peran dalam membantu program Pemerintah, diantaranya gerakan ketahanan pangan, gerakan hidup sehat dan keharmonisan rumah tangga, Selamat Ulang Tahun ke-23 DWP Kabupaten Majalengka semoga senantiasa dapat menjadi organisasi yang modern dan menjadi mitra Pemerintah khususnya dalam membantu mensukeskan pembangunan dalam mewujudkan Majalengka Raharja,” tutup Wakil Bupati.

Sementara Ketua Panitia HUT Desi Gatot Sulaeman melaporkan mengenai serangkaian kegiatan acara dalam rangka memperingati HUT DWP telah dilakasanakan dengan sukses, seperti bakti sosial, seminar tentangb pemberdayaan perempuan, perlombaan dan pada acara puncak HUT DWP yang didalamnya terdapat kegiatan Gelar Produk Toko DEWE dan Koperasi Simpay Asih dan hasil karya anggota DWP OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Majalengka, selain itu adanya pemberian santunan Pendidikan kepada siswa yatim piatu TK. Budi Asih yang merupakan binaan DWP Kabupaten Majalengka yang tersebar di 26 Kecamatan se-Kabupaten Majalengka serta pemberian dana pendidikan kepada siswa SD, SMP dan SMA Putra-Putri PNS dilingkungan Sekretariat DWP Kab.Majalengka. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan