Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Majalengka Berakhir

oleh -783 views
oleh
Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Majalengka Berakhir.

MAJALENGKA, HR – Masa jabatan Bupati dan wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Tarsono D Mardiana, berakhir tanggal 19 Desember 2023. Pasangan ini tuntas menjalankan masa pemerintahannya selama lima tahun sejak dilantik 19 Desember 2018.

Mengakhiri masa jabatannya Bupati dan Wakil Bupati mengadakan perpisahan dengan ASN yang ada di lingkungan Pemda Majalengka bertempat di lapang Tenis Setda Majalengka, Senin (18/12/2023).

Sekertaris Daerah (Sekda) Majalengka H. Eman Suherman mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Bupati dan Wakil  Bupati yang telah membangun Majalengka sesuai dengan visi misi Majalengka Raharja. Selama lima tahun kepemimpinan telah banyak kemajuan untuk Majalengka.

Sebagai leader bagi sebuah Kabupaten yang tadinya dijuluki sebagai kota pensiunan telah merubah tatanan baik di bidang insfrakstruktur maupun sumber daya manusianya.

“Bupati dan Wakil Bupati merupakan panutan khususnya bagi ASN yang ada Pemkab Majalengka dan masyarakatnya, hal ini terbukti dengan pembangunan infrastruktur jalan, layanan kesehatan, pendidikan maupun bansos, walaupun selama dua tahun di dera pandemi Covid -19,” tuturnya.

Masa jabatan Bupati Majalengka selama satu tahun ke depan akan digantikan oleh Asda bidang pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jabar, Dedi Supandi yang merupakan kelahiran, Rajagaluh Majalengka.

Hampir semua kebijakan strategis pasangan Karna Sobahi dan Tarsono D Mardiana tuntas sudah dilaksanakan selama masa jabatannya lima tahun .

Dalam memimpin Kabupaten Majalengka kebijakan strategis di antaranya adalah pengentasan kemiskinan dengan program rutilahu, bantuan sosial dan bantuan UMKM.

Di bidang pendidikan penyerapan anggaran pendidikan sebesar 20 % dari APBD Kabupaten dengan peningkatan pembangunan sekolah dan penyediaan buku pelajaran bagi murid Sekolah Dasar dan SMP secara gratis.

Dibidang pelayanan kesehatan program 100 hari kerjanya Rantang Ka Nyaah telah populer dan membantu para lansia. Dibangunya sarana Rumah Sakit Talaga , penambahan fasilitas di RS Majalengka dan Cideres, serta puskesmas selain itu pemberian BPJS Kesehatan gratis berkala dan tuntas bagi 172.437 masyarakat Majalengka.

Ada juga pemberian insentif guru ngaji, imam masjid dan bantuan sarana keagamaan yang di dukung Baznas Majalengka.

Pelayanan KTP gratis secara mobile sehingga pembuatan KTP bisa dilakukan di tiap titik. Pasangan Bupati Karna Sobahi dan Wakil Bupati Tarsono D Mardiana juga membuat kebijakan pelayanan perijinan secara cepat, mudah dan transparan.

Pajak Bumi dan Bangunan yang sempat menjadi perdebatan di masyarakat karena terjadi kenaikan harga NJOP di sejumlah wilayah di evaluasi, serta peningkatan tunjangan kinerja ASN melalui tunjangan kinerja.

Sedangkan target pencapaian indikator makro untuk IPM naik beberapa poin, di awal tahun kepemimpinan Tahun 2018 sebesar 66,72 dan di Tahun 2023 menjadi 68,85. Produk Domestik Regional Bruto per kapita semula sebesar Rp 15.7400 menjadi Rp 19.877. Untuk Laju Pertumbuhan Ekonomi kini 5,17 persen sedangkan awal kepemimpinan 6,23 persen.

Angka pengangguran terbuka pada 2023 turun menjadi 4,88 persen, demikian juga dengan jumlah penduduk miskin menjadi sebesar 10,37 persen.

Bupati H. Karna Sobahi mengatakan bahwa Gedung Rumah Sakit saat ini telah dibangun dan dioperasionalkan, namun masih perlu dituntaskan pembangunannya juga penyediaan pasilitas alat kesehatan yang memadai agar bisa menjadi Rumah Sakit rujukan.

Dia juga menyebutkan ada yang masih belum dituntaskan yani banyaknya gedung sekolah yang belum tuntas di rehabilitasi. Namun, demikian menurutnya untuk pembangunan sekolah bisa tuntas pada 2024 melalui bantuan Pemerintah Pusat.

“Beberapa waktu kebelakang kami melakukan ekpose di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersyukur anggaran untuk rehab sekolah melalui DAK bertambah setelah ekspose dilakukan, yang semula Rp 40 miliar menjadi Rp 67 miliar,” ujarnya.lintong

Tinggalkan Balasan