Maret 2023 Belitung Kembali Dipilih Jadi Lokasi Penyelenggaraan Event Internasional

oleh -183 views
oleh
Maret 2023 Belitung Kembali Dipilih Jadi Lokasi Penyelenggaraan Event Internasional.

PANGKALPINANG, HR – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), tepatnya Pulau Belitung kembali dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan High

Level Task Force on ASEAN Community Post-2025 Vision (HLTF-ACV) ke-7. Kegiatan yang dimotori oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI ini direncanakan berlangsung pada 19-20 Maret 2023 mendatang.

Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin dalam sambutannya bangga sekaligus mengucapkan terimakasih atas dipilihnya kembali Pulau Belitung sebagai lokasi penyelenggaraan event internasional HLTF-ACV_ ke-7 yang akan melibatkan 22 pejabat senior ASEAN, duta besar beserta pendampingnya ini.

“Terimakasih, nanti kita kerjasama. Kami berupaya agar setiap penyelenggaraan event baik nasional maupun internasional dapat berjalan dan memberi kesan yang baik bagi setiap delegasi yang nantinya hadir,” ungkapnya saat Rapat Persiapan Penyelenggaraan High

Level Task Force on ASEAN Community Post-2025 Vision (HLTF-ACV) ke-7 di Belitung yang dilakukan secara virtual, Selasa (7/3/2023).

Terkait pelaksanaan meeting dikatakan Pj Gubernur Ridwan perlu dilakukan rapat teknis lebih mendetail agar dalam rundown acara dapat diisi dengan side event yang tepat.

“Perlu kolaborasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder. Untuk itu, secepatnya kita buat rapat lanjutan agar pelaksanaan event ini nantinya sukses,” ujarnya.

Sementara, Triansyah Djani Duta Besar RI mengatakan suksesnya penyelenggaraan G20 di Pulau Belitung beberapa waktu lalu menjadi momentum untuk keberlanjutan penyelenggaraan event selanjutnya.

“Penyelenggaaan HLTF-ACV ke-7 ini sebagai bentuk janji saya untuk kembali mengadakan event di Kep. Babel. Ini juga sebagai upaya untuk mempromosikan Belitung. Dimana tujuan akhirnya yakni ‘Belitung on the map’,”ungkapnya.

Penyelenggaraan kegiatan ini dikatakannya diupayakan dalam suasana informal mengingat 22 delegasi ini adalah tokoh-tokoh ASEAN yang sudah berpengalaman diantaranya mantan wakil menteri, sehingga diharapkan memberi masukan dalam menyusun visi dan misi ASEAN untuk 20 tahun ke depan.

“Penyelenggaraan kegiatan ini tidak lama lagi, untuk itu persiapannya pun harus cepat dilakukan. Karena hasil kegiatan ini akan digunakan pada KTT I nanti,” jelasnya.

Poin penting lain dikatakan Triansyah, bahwa delegasi ini dengan sendirinya akan mempromosikan Kep. Babel kepada dunia internasional.

“Mereka orang penting, jika acara ini sukses, maka akan terus berlanjut. Mereka bisa bawa turis. Untuk itu, dalam rundown bisa diisi dengan side event yang menggambarkan history Belitung sebagai salah satu Jalur Perdagangan Laut pada masa Dinasti Ming,” jelasnya.

Senada dengan Pj Gubernur Ridwan, Triansyah berharap persiapan maupun penyelenggaraan kegiatan ini nantinya sukses.

“Waktu singkat, tapi kita upayakan bisa maksimal. Apa yang bisa buat mereka happy, kita upayakan sejauh tidak mengesampingkan tujuan utama penyelenggaraan HLTF-ACV ke-7 ini,” pungkasnya. agus priadi

Tinggalkan Balasan