Lomba Desa se Kab Gowa Dipusatkan di Jenetallasa

oleh -763 views

GOWA, HR – Lomba desa tingkat kabupaten Gowa yang dipusatkan di Kecamatan Pallangga, tepatnya di Desa Jenetallasa berlangsung lancar dan kondusif di teras Kantor Desa Jenetallasa, Selasa (8/5).

Sebelum penilaian dalam lomba desa, Kepala Desa Jenetallasa Asrul menyampaikan laporan terkait kondisi desa dan warganya yang menaungi 4 dusun, 27 RW, 74 RT, serta mengungkap sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan memadai.

Asrul juga membacakan visi – misi Desa Jenetallasa di hadapan Ketua tim penilai dan rombongan.

Ketua tim penilai, Priska Paramita Adnan mengatakan, “Dari 121 desa yang ada di Kab Gowa, Desa jenetallasa termasuk salah satu 9 desa terbaik yang ada di Kab Gowa.”

“Kegiatan Perlombaan Desa yang diselenggarakan setiap tahun secara berjenjang, yang kita laksanakan saat ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan motivasi desa dalam memberdayakan berbagai sektor kehidupan masyarakat desa yang meliputi sektor pendidikan, kesehatan, kamtibmas, partisipasi, kelembagaan masyarakat, administrasi pemerintahan desa dan pemberdayaan perempuan sebagai wujud dari pelaksanaan peraturan perundang-undangan,” jelas Ketua Tim Penilai, Priska Paramita Adnan.

Priska melanjutkan, ada makna penting dalam penyelenggaraan perlombaan desa yaitu pertama, untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat dan desa yang telah dicapai oleh suatu desa dalam kurun waktu dua tahun terakhir, dan kedua untuk memotivasi aparat pemerintahan desa dan masyarakatnya dalam meningkatkan kinerja pemerintahan desa dan peran serta masyarakatnya dalam membangun desanya, sekaligus termotivasi untuk berkompetisi secara sehat dengan desa lain.

“Pelaksanaan lomba desa mempunyai berbagai macam keuntungan yaitu kita akan mengetahui kekurangan yang ditemui dilapangan serta sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai sehingga apa yang dilakukan bukan mengejar kejuaraan melainkan adanya perubahan,” tambah Bunda Paud ini.

Di hari yang sama, Camat Pallangga Indra Wahyudi Yusuf berharap bisa mewujudkan keinginan Bupati untuk menjadi juara pertama tingkat provinsi Sulsel.

“Yang tentu saja dalam lomba ini tetap motivatif dan dukungan dari Bupati dan tim penilai,” harap Indra.

Loading...

Hadir di acara itu diantaranya Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muh Asrul selaku penanggung jawab dan sejumlah tim penilai lomba desa dan Ketua TP PKK Kec Pallangga Rahmawati Bangsawan dan jajarannya serta Muspika Pallangga. kartia

Tinggalkan Balasan