Launching Tahapan Pilkada Sintang

oleh -249 views
Bupati dan Ketua KPU memukul bedug pertanda Launching tahapan Pilbup/Wabup 2015
SINTANG, HR – Senin (4/5), Supranto Aji, selaku Ketua KPU Sintang menyatakan, pihaknya menganggap sosialisasi soal tahapan pemilihan Bupati merupakan bagian penting guna memberikan informasi ke publik. Tak hanya soal proses menjelang dan sesudah pemilihan, namun juga terkait erat dengan informasi penyelesaian masalah pemilu, penyesuaian sejumlah regulasi baru, hingga upaya meningkatkan kesadaran pemilih untuk berpartisipasi menentukan nasib Sintang lima tahun kedepan.
“Saya berkeyakinan, dibalik masyarakat yang maju, ada pemilu yang bermartabat dan berkualitas. Artinya ada korelasi antara kesejahteraan masyarakat dan pelaksanaan pemilu,” tutur Supranto.
Lewat kesempatan itu, ia juga menggambarkan soal perubahan sejumlah regulasi kepada para tamu undangan yang hadir. Apalagi sejumlah aturan teknis prinsip seperti soal rekapitulasi yang tak lagi lakukan di tingkat PPS-namun langsung ke PPK-hingga mekanisme sosialisasi calon tahun ini melibatkan KPU sebagai penyelenggara.
Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah memberikan suport pendanaan pemiluyang signifikan, sehingga membuat Kabupaten ini menjadi daerah dengan dana pemilu terbessar di Kalimantan Barat.
Supranto juga menilai, suport Pemerintahan Sintang terhadap pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun ini sebagai bentuk kepedulian membangun demokrasi bagi masyarakat Kabupaten Siontang.
Menanggapi komentar soal komitmen pemerintah kabupaten dalam menyukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati 2015, Bupati Sintang Milton Crosby dikesempatan itu menyampaikan terima kasihnya kepada DPRD Sintang yang turut bersusah-payah menyegerakan pembahasan penganggaran pemilihan dalam nota APBD 2015. Komitmen DPRD Sintang itu kemudian men-suport pemerintah Kabupaten untuk menyegerakan penyerahan NPHD.
Milton berharap, dengan pelaksanaan Launching yang digagas dan dilaksanakan KPU Sintangt ini, masyarakat luas jadi punya kesadaran dan informasi yang cukup soal pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang bakal dihelat Desember tahun ini.
Ia juga menyampaikan harapan soal dampak sosialisasi pasca Launching yang meng-gugah kesadaran pemilih sehingga terjadi peningkatan signifikan partisipasi pemilih. ■ hot

Tinggalkan Balasan