Kunjungi SMKN 4 Pangkalpinang Pj Gubernur Ridwan Berikan Motivasi

oleh -211 views
oleh
Kunjungi SMKN 4 Pangkalpinang Pj Gubernur Ridwan Berikan Motivasi.

PANGKALPINANG, HR – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin menghadiri peresmian Ruang Praktek Siswa Teaching Factory Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) serta melakukan panen udang vanname, ikan nila jenis biflok dan salin di SMK Negeri 4 Pangkalpinang, Rabu (22/2/23). Kedatangan orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai itu disambut dengan tradisi Pedang Pora dan Tari Sambut Pinang 11 oleh taruna/i SMKN 4 Pangkalpinang,

“Sekolah SMKN 4 ini merupakan sekolah khusus dibidang kemaritiman dan perikanan, dengan 682 siswa yang harus kita bina. Sebagai provinsi kepulauan, kita harus memiliki sumber daya yang baik untuk mengelola laut kita, dan saya lihat disini anak-anaknya semangat, bagus-bagus, guru-gurunya semangat membangun banyak kerjasama,” ungkap Pj Gubernur memberi apresiasi kepada taruna/i dan guru-guru SMKN 4 Pangkalpinang.

Ia menjelaskan bahwa Kep. Babel merupakan satu dari delapan provinsi kepulauan di Indonesia, maka seyogyanya kita harus menguasai keunggulan kemiritiman tersebut, sehingga ia berharap kegiatan pendidikan di SMK Negeri 4 Pangkalpinang ini dapat menjadi pusat unggulan kemaritiman di Babel.

Selain itu, Pj Gubernur juga menanggapi beberapa kendala yang terdapat di SMK Negeri 4 Pangkalpinang. Meskipun secara fisik bangunan sekolah sudah cukup baik, namun perlu adanya tambahan beberapa bangunan. Kemudian pembenahan gorong-gorong sebagai penyebab masalah banjir di sekolah tersebut ketika hujan melanda.

“Disamping itu juga, persoalan pemasaran produk-produk yang dihasilkan SMKN 4, seperti udang vanamme dan nila salin,” katanya.

Ia juga berpesan kepada taruna/i agar belajar dengan baik agar dan setelah lulus dari sini, mereka bisa menentukan antara dua pilihan, bisa menjadi tenaga profesional yang bagus, ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi supaya mereka menjadi pakar-pakar yang lebih handal.

“Tetaplah jadi taruna taruni yg kuat. Jangan pernah berhenti belajar dan jangan kalah dengan anak-anak muda dimanapun,” pesannya.

Dirinya juga menyempatkan untuk berkeliling sekolah tersebut untuk melihat berbagai produk-produk olahan yang dihasilkan, dan mencicipi makanan hasil olahan ikan kreasi dari SMK Negeri 4 Pangkalpinang.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Pangkalpinang, Zulkifli mengungkapkan rasa syukurnya atas kedatangan Pj Gubernur Ridwan ke sekolahnya.

“Alhamdulillah kami sangat senang Pak Gubernur meresmikan gedung kami. Kedatangan ini diharapkan dapat memotivasi siswa kami dan juga masyarakat umum untuk bersekolah di SMKN 4,” ujarnya.

SMKN 4 sendiri dikatakannya merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang fokus pada bidang perikanan dan kemaritiman, terdiri dari dua bidang keahlian yaitu Agribisnis dan Agriteknologi, dan Kemaritiman.

Untuk meningkatkan kompetensi keahlian taruna/i, masing-masing konsentrasi keahlian telah menyiapkan beberapa program diantaranya, program Teaching Factory pada konsentrasi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, program keunggulan pada bidang Agribisnis Perikanan Air Tawar, Basic Safety Training (BST) pada bidang keahlian Kemaritiman yang pelaksanaan strateginya telah didukung melalui pembiayaan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, APBD Provinsi Kep. Babel, serta sumbangan pihak ketiga.

Sedangkan kendala yang dihadapi saat ini diungkapkannya adalah permasalahan drainase karena lingkungan sekolah SMKN 4 yang kerap banjir, sehingga perlu pembenahan drainase untuk membuang air (banjir) ke luar, yang bukan ke ranah sekolah.

Acara peresmian Ruang Praktek Siswa Teaching Factory APAT kemudian ditandai dengan pemotongan pita oleh Pj Gubernur didampingi Kepala Sekolah SMKN 4. agus priadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *