Konsultasi Publik, Rancangan Awal RKPD Tahun 2020 di Barito Utara

oleh -28 views

MUARA TEWEH, HR – Sugianto Panala Putra SH, Wakil Bupati Barito Utara, secara resmi membuka acara konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 yang dilaksanakan di Gedung Bappedalitbang, Selasa (12/03/2019), di Muara Teweh dengan mengusung tema, “Peningkatan pembangunan infrastruktur dasar untuk memacu pertumbuhan dan pemerataan dalam rangka peningkatan perekonomian daerah.”

Bupati Barito Utara, dalam sambutanya yang dibacakan Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra menyampaikan, bahwa sesuai amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistim Rencana Pembangunan Nasional, bahwa pendekatan yang digunakan dalam perencanaan pembangunan adalah politik, teknokratik, partisipatif, Top Down, dan Bottom Up.

Adapun maksud daripada dilaksanakanya konsultasi publik adalah untuk melakukan pembahasan dan penjaringan aspirasi untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD untuk memberikan panduan kepada seluruh perangkat daerah di Kab Barito Utara. Dengan menyusun rancangan kerja perangkat daerah dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 tahun, disusun menggunakan pendekatan Teknokratis dan partisipatif.

Rancangan awal RKPD akan dilakukan pembahasan dan sinkronisasi program kegiatan perioritas pada forum perangkat daerah pada lintas perangkat daerah, melalui pembahasan, sinkronisasi dan sinergitas antara perioritas pembangunan pada rancangan RKPD Kab Barito Utara dengan hasil Musrenbang Kecamatan dan hasil Konsultasi publik.

Mengacu pada arah kebijakan pembangunan Kab Barito Utara untuk tahun 2018-2023, tema atau agenda pembangunan Kab Barito Utara tahun 2020 adalah, “peningkatan pembangunan infrastruktur dasar untuk memacu pertumbuhan dan pemerataan dalam rangka peningkatan ekonomi daerah,” tutupnya. mps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *