Konferensi IGTKI PGRI Kabupaten Lampung Selatan

oleh -44 views
IGTKI, PGRI Buka Konferensi, Winarni Harap Program Kerja Kedepan Pelayanan PAUD dapat Dilaksanakan Secara Menyeluruh dan Merata.

LAMSEL, HR – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Supriyanto, S.Sos, MM Mewakili Plt. Bupati Lampung Selatan Bersama Bunda PAUD Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto Membuka Konferensi Kerja Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia–Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2019, Senin (02/12/2019).

Konferensi Kerja IGTKI-PGRI yang dilakukan setiap 5 tahun sekali itu, dimaksudkan untuk melaporkan pertanggung jawaban program kerja 5 tahun kedepan dan mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan.

Dalam laporannya Murtina, selaku Ketua IGTKI Lampung Selatan menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan semangat IGTKI terus bergelora sehingga program kerja yang dihasilkan melalui konferensi ini dapat bermanfaat untuk anak-anak dan membuat IGTKI tetap kuat dan jaya.

Murtina juga mengatakan, agar Pemerintah Daerah dapat memperhatikan Tenaga Pendidik (Tendik) Honorer yang menurutnya ada 200 orang lebih tersebar di seluruh Lampung Selatan.

“Disini saya sampaikan, Konferensi Kerja IGTKI-PGRI dilakukan setiap 5 tahun sekali untuk membahas program kerja yang sudah di kerjakan maupun yang akan dilakukan,” ucapnya.

“Saya meminta kepada pemerintah daerah agar tenaga pendidik (TENDIK) Khususnya yang masih honor untuk dapat diperhatikan kesejahteraannya, karena di lampung selatan ada 221 lembaga Taman Kanak-kanak (TK), dengan 3 lembanga TK negeri dan 219 Lainnya Swasta, guru TK di lampung selatan ada 290 dan 67 orang saja yang sudah PNS sisanya belum, dan untuk Yang sertifikasi non pns baru 82 orang,” ujarnya.

Ketua IGTKI Provinsi Lampung, Misdaryanti, M.Pd mengatakan, di Indonesia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus sudah memiliki layanan Kelompok Bermain (KOBER) dan Taman Kanak-Kanak (TK) dengan sejatinya usia anak 4 sampai 7 tahun. Sedangkan di negara maju, Pendidikan PAUD disana sudah melayani anak pada usia 0-8 tahun.

“Organisasi kita sangat menyentuh langsung dengan anak-anak usia dini, untuk itu diharapkan Mindset (Pola Pikir) yang selama ini kita hanya terfokus kepada teori, praktek dan teknis, maka saat ini jadilah guru yg menyenangkan, buatlah anak happy, baru apa yg kita harapkan tercapai,” ucap Dia.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Supriyanto, S.Sos, MM meyampaikan, kepada seluruh komponen masyarakat terutama kalangan guru dan tenaga pendidik untuk dapat mengembangkan pendidikan. Dimana pendidikan dimulai dari anak usia dini. Sebagai dasar pendidikan kita setelah keluarga adalah pendidikan formal.

Suprianto juga mengatakan, kegiatan konferensi IGTKI-PGRI, diharapkan dapat menyatukan persepsi dan sinergi di antara seluruh keluarga besar IGTKI-PGRI untuk terus memajukan pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan, khususnya pendidikan di usia dini, termasuk mendukung wajib paud usia 5-6 tahun.

“Kegiatan konferensi Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ini, merupakan salah satu upaya untuk menciptakan organisasi profesi yang mandiri dan berkualitas, sehingga ke depan dapat terbentuk tenaga pendidik Taman Kanak-Kanak yang kuat dan bermanfaat serta profesional,” ujarnya.

Pada saat itu pula, Bunda PAUD Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto Menyampaikan, Melalui pelaksanaan konferensi ini, saya minta pada para peserta untuk dapat menghasilkan keputusan yang dapat memajukan pendidikan anak usia 5-6 Tahun yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, sehingga keberadaan IGTKI-PGRI benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Winarni Juga Mengatakan, seluruh tenaga pendidik yang terhimpun dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan dengan menyesuaikan kondisi geografis masing-masing, agar terus melaksanakan sosialisasi dan motivasi PAUD.

“Dengan terselenggaranya konferensi ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai upaya untuk memberikan berbagai masukan dan inovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi emas anak usia 5-6 Tahun yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Loading...

“Saya ngin pelayanan PAUD dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan merata, dengan demikian peningkatan program PAUD secara kualitas dan kuantitas akan terlihat,” ujar Winarni sekaligus membuka secara resmi kegiatan konferensi IGTKI-PGRI tersebut. santi

Tinggalkan Balasan