KKM Kelompok I UNIBA Serang Bersama Kementerian, Dinas Kelautan dan Perikanan Sosialisasi Pengembangan UMKM

oleh -100 views
Paguyuban Ikan Asin pesisir pantai Karangantu bersama KKM kelompok I UNIBA Serang.

SERANG, HR – Ketua Paguyuban Ikan Asin dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), Universitas Bina Bangsa (UNIBA), Serang, Banten, Kelompok I UNIBA Serang, melakukan kuliah kerja mahasiswa dan pengabdian, kepada warga dan masyarakat di Kelurahan Banten, Kecamatan kasemen, Senin (15/08/22).

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, mengadakan sosialisasi pengembangan UMKM, di pesisir pantai Karangantu. Kegiatan ini, dihadiri oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, PPN Karangantu.

PPN Karangantu dr Ade Manggala sekaligus selaku Dosen Pembimbing Lapangan Mohamad Husni SE, M.AK, mengatakan, “Sosialisasi ini merupakan program kerja pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tujuan kegiatan ini, untuk membantu para pelaku UMKM, dalam mengembangkan usaha produknya, sehingga dapat menjangkau pasar lebih luas lagi dan bahkan hingga bisa ke luar negeri,” ungkapnya.

“Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi UMKM pesisir Karangantu, kurangnya pengetahuan dan pemahaman teknologi dan informasi, mereka juga belum terdaftar di koperasi daerah pesisir pantai Karangantu, sehingga masyarakat kesulitan untuk menjangkau pasar lebih luas dan kurangnya, permodalan untuk usaha di pesisir pantai Karangantu,” jelasnya.

Dosen Pembimbing, Mahasiswa KKM kelompok I Bersama Kementerian, Dinas Kelautan dan Perikanan.

Hal inilah, yang mendasari kami untuk mengadakan kegiatan sosialisasi bagi UMKM di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, pesisir pantai karangantu.

Kegiatan ini dihadiri para pelaku UMKM yang ada di pesisir pantai Karangantu, kegiatan membahas mengenai izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM. Tak hanya itu, kegiatan ini juga berbicara mengenai strategi dalam pemasaran produk secara online.

Loading...

Tri Rizki Legina AM, berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu masyarakat setempat untuk mengurus izin edar pangan olahan dan memasarkan produknya secara online, “Semoga dengan adanya kegiatan ini, ke depan akan semakin dapat mendorong UMKM berkembang dan lebih maju lagi,” pungkasnya. didit/agus

Tinggalkan Balasan