Kasie Penataan Kota Kebon Jeruk ‘Bandel’

oleh -233 views
JAKARTA, HR – Kasie Penataan Kota (PK) Kebon Jeruk, Jakbar, tetap membandel dan tidak peduli atas himbauan Kasudin Penataan Kota Jakbar, Marbin Hutajulu, bahwa jangan ada bangunan menyalahi perizinan dan peruntukkan berdiri di wilayah Jakbar. Himbauan itu dihiraukan sang Kasie PK Kebon Jeruk.(baca : Kinerja Seksi PK Kebon Jeruk Layak Dievaluasi)
Selain Kebon Jeruk, beberapa wilayah lain yang juga membandel ditemukan bertugas di Palmerah, Kembangan, Tambora, Taman Sari dan Grogol Petamburan (Gropet). Keenam wilayah itu sangat rentan dengan maraknya bangunan yang menyalahi perizinan dan peruntukkan. Hal ini terjadi diduga lemahnya pengawasan dari masing-masing Seksi Pengawasan Penataan Kota Kecamatan.
Sangat menyedihkan, Marbin Hutajulu yang dikenal sangat tegas terhadap segala pelanggaran bangunan, justru diduga dikhianati bawahannya. Keenam Kasie Pengawasan dan Penertiban Kecamatan tersebut seakan-akan tidak peduli terhadap himbauan Marbin Hutajulu.
Sebagai contoh, di Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat, berdiri bangunan di Jalan Kelapa Dua Raya RT003/001 Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kebun Jeruk, yang menggunakan izin rumah tinggal 3 lantai namun fisiknya 4 lantai. Kemudian komplek perumahan Taman Cosmos Blok C No 19 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebun Jeruk mengunakan izin rumah tinggal 3 lantai fisik 4,5 lantai. Komplek perumahan Green Garden Blok C No 17 RT 01/04 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebun Jeruk menggunakan izin rumah tinggal 3 lapis fisik 4 lapis.
Warga di sekitar lokasi itupun terheran-heran melihat si pemilik bangunan yang berani mendirikan bangunan dengan cara melanggar ketentuan yang ada. Ironisnya, Seksi PK Kecamatan seakan-akan ‘tutup mata’ dan hanya memberikan tindakan prosedural saja, seperti memberikan SP1 dan seterusnya, namun hingga bangunan itu selesai, tidak juga dibongkar.
Tindakan prosedural itu dilakukan untuk menghindari jeratan hukuman yang mengancam sang Kasie PK Kebon Jeruk maupun pengawas lapangannya. Modus inilah yang kerap dilakukan masing-masing Kasie PK di enam Kecamatan tersebut.
Warga setempat berharap besar kepada Kasudin PK Marbin Hutajulu untuk mengevaluasi kembali kinerja Kasie PK Kebon Jeruk dan lainnya, karena diduga lalai melaksanakan tupoksinya. ■ kornel

Tinggalkan Balasan