Kades Solear Berharap Wisata Keramad Solear Dikembangkan

oleh -272 views
TANGERANG, HR – Miris melihat keadaan keramad solear yang tepatnya berada di kampung Solear Rt 03/02 kecamatan solear kabupaten Tangerang. Tempat yang Akrab di sebut orang sebagai tempat untuk Ziarah tidak terawat Bahkan sangat kumuh.
Di Tempat ini masyarakat Solear memiliki tempat wisata yang jika dirawat akan menghasilkan tambahan Otonomi Desa dan sebagai Aset yang di miliki oleh Pemkab Tangerang. Bahkan tempat keramad ini sudah ada sejak tahu 60 an. Berawal dari Tanah Hibah yang pemiliknya tidak di ketahui siapa? Keunikan yang tidak di miliki oleh keramad keramad lainnya, Unik dari keramad Solear ini ada Nya Bintang yang tumbuh subur di sana dan binatang Monyet itu berkembang Biak pesat.
Namun sangat disayangkan pemkab Tangerang memiliki Aset seindah ini tutup mata. Sehingga keramad solear tidak ada perawatan Bahkan lokasi nya hampir Musnah karena tidak adanya Anggaran untuk perawatan. Air yang mengalir di sebelah selatan semakin membesar hingga mengakibatkan longsor. Makam keramad solear jika dibiarkan akan musnah perlahan lahan. Hutan yang Indah di keramad tersebut jika di biarkan tidak terawat lambat laun akan musnah dengan sendirinya.
Kepala Desa Solear Rohman Firmansyah, mengatakan sebagai kepala Desa berharap banyak kepada pimpinan tertinggi Bupati Ahmed Zaky Iskandar untuk memperbaiki infrastruktur Makam Keramad Solear, agar makam milik warga masyarakat Solear bertahan lama, karena makam keramad solear yang unik ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas.
Kuncen Makam keramad Solear Bapak Hasan (71 Th) mengatakan Makam Keramad Solear Ini Harus di Rawat dan diJaga. Karena makam ini makam para leluhur yang harus dihormati. Tampak dari arah pintu masuk Makam Syeh Mas Masad, menunju Pinggirab Sungai Ada makam Dewi Mayang Sari, di Belakang kurang lebih 100 Meter Makam Ibu Juni Cuntak, dan banyak lagi makam makam lainnya. Konon katanya Tanah Makam Keramad Solear ini adalah tempat berkumpulnya para Walilloh dan para syeh serta sunan dari berbagai wilayah di Indonesia. linda

Tinggalkan Balasan