Kabupaten Samosir Belajar Kepariwisataan dan Tata Kelola Pemerintahan ke Badung

oleh -628 views
Bupati Giri Prasta bersama Wabup Suiasa dan Sekda Adi Arnawa menerima kunja Bupati Samosir, Sumatra Sumatera Utara Rapidin Simbolon bersama rombongan, Jumat (20/4) di Puspem Badung.

BALI, HR – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima kunjungan kerja (kunja) Bupati Samosir, Sumatra Sumatera Utara, Drs. Rapidin Simbolon bersama rombongan, Jumat (20/4), di Puspem Badung. Hadir mendampingi Bupati Giri Prasta pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, dan Pimpinan Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, kunjungan ke Badung dalam rangka belajar dan mencontoh tentang bagaimana pengembangan pariwisata. Kabupaten Badung terkenal dengan perkembangan pariwisatanya yang mampu meningkatkan PAD, serta tentang tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan mengajak rombongan 9 Camat, Bupati Samosir juga ingin mengetahui bagaimana merealisasikan serta mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki kecamatan untuk peningkatan PAD.

“Kami ingin belajar bagaimana mengedukasi masyarakat melalui sekolah tentang kepariwisataan, mewujudkan sumber daya kepariwisataan dari sekolah,” jelasnya.

Badung dengan alamnya serta kehidupan pariwisatanya yang mendunia, lanjut Bupati Samosir, telah membawa Kabupaten Badung menjadi salah satu kabupaten dengan penghasilan PAD tertinggi di Indonesia. Inilah yang diakuinya memantik keinginan untuk belajar ke Kabupaten Badung.

“Kabupaten Samosir penduduknya masih tergantung dari budidaya pertanian dan pariwisata. Dengan datang ke Pulau Bali dan melakukan studi banding ke Kabupaten Badung, kami kagum dengan perkembangan pariwisata di Kabupaten Badung dan menjadi destinasi dunia yang terkenal hingga ke mancanegara. Semoga sepulangnya kami dari Kabupaten Badung ada hal yang dapat kami petik dari kunjungan ini dan kami terapkan di Pemerintahan Kabupaten Samosir,” katanya.

Loading...

Sementara Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya, mengatakan kehadiran Bupati Samosir beserta jajarannya menjadi bagian penting bagi Pemerintah Kabupaten Badung untuk saling berbagi pengetahuan dan keberadaan wilayah masing-masing disamping silahturahmi menjalin rasa kekeluargaan. Dijelaskan, berkaitan dengan urusan kepemerintahan, tata kelola pemerintah, telah menggunakan pola pembangunan nasional semesta berencana (PPNSB). Mengenai sister city telah dilakukan tindaklanjut dengan MoU berkenaan dengan Sister City. Bupati juga menjelaskan lima bidang berkenanaan dengan prioritas pembangunan di Kabupaten Badung yaitu di bidang pangan, sandang dan papan, pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial dan tenaga kerja, agama adat, seni dan budaya, pariwisata dengan infrastrukturnya. ans

Tinggalkan Balasan