Kabid Capil Disdukcapil Subang Nyalo KK

oleh -209 views
SUBANG, HR – Sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat ketika memerlukan KTP maupun KK dan Akta catatan sipil lainnya. Masyarakat pasti sudah memilih jalur cepat, dan itulah yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang, hingga kesempatan inilah yang dimanfaatkan YS Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Subang dan WW, salah satu Kepala Sub Bidang Program Disdukcapil Subang.
Tentu ini sangat merendahkan citra pejabat Subang, makanya tidak heran saat ini sudah lumayan jumlah pejabat Subang yang ditahan di LP Subang, ini adalah akibat rakusnya pejabat Subang kepada uang. Apalagi saat ini pemerintah kabupaten Subang melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak diperkirakan ratusan calon kepala desa harus berhubungan dengan YS, sang Kabid pencatatan sipil, yakni mengambil surat keterangan kewarganegaraan. Hal itu membuat YS kebanjiran order.
Ketika HR menyelusuri kisaran berapa calon kades mengambil surat keterangan kewarganegaraan, SR calon Kades Desa Belendung mengatakan bahwa YS meminta Rp50 ribu, belum lagi calon Kades Desa Cisaat Kecamatan Ciater yang mengatakan diminta Rp100 ribu.
Setiap calon kades pasti memberi upeti untuk memperoleh surat keterangan kewarganegaraan ini. “Tentu setiap calon kades bervariasi nilai yang diberikan, tetapi ketika kita hitung katakan saja calon kades ada 100 calon kita rata-ratakan saja kali Rp50 ribu, wow jumlahnya lumayan. Inikah cerminan pejabat Subang,” jelas Ketua LSM Protes Subang Dadus Sunaryo kepada HR. Dadus mengatakan, bupati wakil bupati hanya omong dong terkait menciptakan pejabat Subang lebih profesional dan melakukan pelayanan yang baik.
“Ini perlu bupati dan wakil bupati mengambil tindakan kepada pejabat yang demikian ini bila penting mencopot pejabat seperti ini,” tegas ketua LSM dengan nada protes mengakhiri komentarnya. ■ roji/ujang

Tinggalkan Balasan