Jokowi akan Tinjau Banjir Sintang

oleh -71 views

SINTANG, HR – Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono menyebut, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bakal meninjau banjir Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), namun sebelum Jokowi, Ia akan terlebih dulu ke Sintang pada Kamis (18/11/2021).

Ia menyebut kunjungannya ke Sintang untuk memantau langsung keadaan terkini, dan juga untuk mengatur jadwal kehadiran Presiden ke Sintang

Ia menyebut Jokowi telah menyatakan akan berkunjung ke Sintang usai kunjungan Basuki.

Loading...

Dikutip dari CNN Indonesia, Selasa 16 November 2021, pukul 13 : 44 wib, Basuki menduga banjir Sintang di sebabkan oleh alih fungsi hutan tangkapan hujan (cathment area) menjadi perkebunan.

Dugaan tersebut ia sebut setelah mendapat laporan dari Lasarus, anggota Komisi V DPRD RI dari Kalimtan Barat. “Bayangkan Sungai Kapuas panjannya 1.100 KM dengan total cathment area yang sudah berubah fungsi,” imbuhnya.

Selain itu, Basuki menyebut banjir juga disebabkan oleh cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini sehingga Sg Kapuas melauap.

Untuk solusi jangka panjang, Basuki menyebut kemungkinan pemerintah akan melakukan penanaman kembali area yang sudah berubah fungsi dan juga menyetop izin perkebunan.

Kaitan kunjungan Jokowi ke Sintang sebagaimana di sebut Menteri PUPR Basuki, Pihak Pemkab Sintang dan Satgas Bantingsor (Banjir, Angin Putting Beliung, Tanah Longsor) Kab Sintang, telah siap menyambut Presiden yang besok di dahului Menteri Basuki. tim

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.