Jelang Idul Adha, DKP3 Lakukan Pengawasan Intensif Cegah Penyebaran PMK

oleh -32 views
Jelang Idul Adha, DKP3 Lakukan Pengawasan Intensif Cegah Penyebaran PMK.

SUKABUMI, HR – Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Balai Veteriner Subang, dua ekor sapi milik seorang peternak di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, dipastikan positif mengidap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Andri Setiawan, seusai talkshow Radio Swara Perintis, pada hari Kamis, 2 Juni 2022, mengatakan dua ekor sapi yang didatangkan dari Salatiga Jawa Tengah tersebut, telah disembelih oleh pemiliknya, sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Sedangkan 18 ekor sapi lainnya yang juga didatangkan berbarengan dengan dua ekor sapi tersebut, dinyatakan dalam keadaan sehat dan tidak terindikasi mengidap PMK.

Dalam upaya mencegah penyebaran PMK terutama menjelang Hari Raya Idul Adha, DKP3 terus melakukan pembinaan serta pengawasan ke berbagai peternak, maupun penjual hewan ternak.

Selain itu, bersama Polri, penegakan peraturan terus dilakukan, seperti dengan memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) bagi hewan ternak yang didatangkan dari luar daerah.

Loading...

Menjelang Idul Adha, DKP3 pun, seperti tahun sebelumnya, akan membentuk tim pemantauan hewan kurban untuk memastikan hewan kurban yang dijual memenuhi syarat. ida

Tinggalkan Balasan