Irfan Nur Alam Raih Gelar Doktor Termuda di lingkungan Pemkab Majalengka

oleh -461 views
oleh

MAJALENGKA, HR – Momentum pelaksanaan wisuda menjadi hari yang sangat berbahagia bagi setiap wisudawan maupun pihak keluarga. Rasa suka cita itu pun ternyata dirasakan betul Pemerintah Kabupaten Majalengka. Bagaimana tidak, salah seorang pejabatnya, berhasil merengkuh gelar doktor diusianya yang sangat muda.

Menjadi hari yang sangat berbahagia bagi setiap wisudawan maupun pihak keluarga. Rasa suka cita itu pun ternyata dirasakan betul Pemerintah Kabupaten Majalengka. Bagaimana tidak, salah seorang pejabatnya, berhasil merengkuh gelar doktor diusianya yang sangat muda.

Ia adalah Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka Dr H Irfan Nur Alam, SH, MH. Dengan diperoleh gelar doktor itu, diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat, khususnya bagi Kabupaten Majalengka, umumnya bagi bangsa dan negara.

Pria kelahiran Majalengka, 13 Juni 1984 ini sebelum telah menuntaskan program Pasca Sarjana di kampus Universitas Jaya Baya Jakarta, pada sidang terbuka promosi doktor, program studi ilmu hukum. Hasilnya, suami dari Hj. Melly Oktaviani, SE, dinyatakan lulus dengan predikat Cum Luade.

Setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Pola kerja sama pemanfaatan barang milik daerah, sebagai salah satu prasarana dalam peningkatan pendapatan daerah,”. Pemaparan karya ilmiahnya yang mengesankan dan dapat dipertanggungjawabkan, membuat para dewan penguji yang mayoritas guru besar itu, menjadikannya doktor ke 107 dengan predikat sangat memuaskan. Dan doktor ke-337 di kampus setempat.

Pekerjaan ayah tiga orang anak ini terbilang moncer dalam meniti karirnya di dunia birokrasi. Dimulai dari menjabat Kasi Pelatihan, Produktivitas, dan Penempatan Tenaga Kerja pada tahun 2014. Lalu dua tahun kemudian, beralih posisi menjadi Kasi Pendataan Penyaluran dan Penanganan Masalah Tenaga Kerja, pada Tahun 2016.Setahun kemudian, mendapatkan promosi jabatan dan naik menjadi Kepala Bidang Pelayanan Tenaga Kerja pada tahun 2017.

Baru pada tahun 2019, putera Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi, M.MPd ini mendapatkan promosi jabatan menjadi Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setda Majalengka. Jabatan barunya ini membawa perubahan dan kemajuan Ditandai dengan menjamurnya pembangunan fisik di Majalengka dan manfaatnya banyaknya dirasakan masyarakat. Semua itu tidak terlepas dari sumbangsih ide dan gagasannya dalam membantu mewujudkan Majalengka Raharja. Atas dedikasinya itu, orang nomor satu di Majalengka memberikan amanah untuk menjabat Kepala Bapenda hingga saat ini.

Prestasi lainnya yang tak kalah mentereng yakni menjadi narasumber di level nasional maupun Internasional. Di antaranya Presenter International Conferences On Law and Humas Right tahun 2021 di Jakarta (Judul Materi: “Asean Diversities and Its Principles Toward Asean (Legal Integration In Pandemic Era” ). Lalu di tingkat dunia, menjadi narasumber Simposium Terracota Triennale 2021 tahun 2021 di Kassel-Jerman (Judul Materi : “Penggerak Ekonomi Berbasis Budaya Lokal Ekonomi Kebudayaan”).

Menengok pendidikan formalnya saat kecil itu tak jauh dari tempat tinggalnya saat ini. Tinggal di kelurahan Cijati, Kecamatan/Kabupaten Majalengka. Diawali dari SDN Cijati pada tahun 1997. SMPN 4 Majalengka tahun 2000 dan SMUN 2 Majalengka tahun 2003. Usai lulus dibangku sekolah, hijrah ke Bandung dengan menimba ilmu di Universitas Islam Nusantara. Mengambil jurusan Ilmu Hukum dan lulus tahun 2007.

Usai menamatkan pendidikan strata S1, melanjutkan kuliah ke program Pasca Sarjana di Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati). Mengambil jurusan Ilmu Hukum lulus tahun 2013. Baru setelah beberapa tahun kemudian, ia melanjutkan kuliah S3 di Universitas Jaya Baya Jakarta. Dan tepat hari ini Selasa 11 Oktober 2022 di kampus Universitas Jaya telah di wisuda dan dinyatakan lulus sebagai doktor dengan predikat Cum Laude. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *