Ingatkan Peran Orangtua Dalam Pembentukkan Karakter Anak, Lusje Ingatkan Orangtua Jangan Lengah

oleh -398 views
oleh
Ingatkan Peran Orangtua Dalam Pembentukkan Karakter Anak, Lusje Ingatkan Orangtua Jangan Lengah.

PANGKALPINANG, HR — Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan mengingatkan pentingnya peran orangtua dalam pembentukkan karakter anak.

Diakui Lusje, beban pembentukan karakter ini tidak hanya dibebankan kepada pihak satuan pendidikan atau sekolah saja tapi orangtua di rumah juga penting.

Menurutnya, perlu kerja sama antara satuan pendidik dan orangtua agar anak betul-betul mempunyai karakter yang baik.

“Jadi orangtua jangan lengah jangan mentang-mentang anaknya di sekolahkan di sekolah bergengsi, semua peran dilimpahkan ke sekolah, tentu itu tidak efektif, karena waktu anak lebih banyak dengan orang tuanya,” uajr Lusje kepada awak media, Minggu (28/1/2024).

Ia juga mengajak orangtua untuk meluangkan waktu untuk anak. Jangan biarkan anak dilepas dan dibiarkan dalam penggunaan gadget yang berlebihan.

“Harus diawasi juga anak dirumah, batasi anak dalam penggunaan gadget, lebih banyak luangkan waktu untuk mengobrol dengan anak,” katanya.

Diakui Lusje, anak-anak saat inilah yang merupakan generasi bangsa, dengan demikian membiarkan anak belajar dan berada dilingkungan yang bagus, dan memilihkan teman-teman bergaul yang baik, orangtua dan para pendidik memberikan keteladanan yang baik dan pembiasaan anak-anak, maka anak juga akan terbentuk karakter yang baik.

“30 hingga 40 tahun kedepan mereka inilah generasi bangsa, anak-anak kita yang ada disinilah yang menjadi pemimpin-pemimpin dimasa depan. Orangtua menjadi faktor utama untuk membentuk karakter peserta didik karena orang tua merupakan tempat pendidikan pertama atau mendasar bagi seorang anak. Orang tua juga orang pertama yang mengenal dan memahami sifat baik dan buruknya anak,” terangnya.agus priadi

Tinggalkan Balasan