Hadiri Peringatan Hari Bersih Indonesia ke-4 Tahun 2023 Staf Ahli Bupati Mengapresiasi Kegiatan Komunitas Pasar Murah Adopsi Pohon

oleh -538 views
oleh
Hadiri Peringatan Hari Bersih Indonesia ke-4 Tahun 2023 Staf Ahli Bupati Mengapresiasi Kegiatan Komunitas Pasar Murah Adopsi Pohon.

LANDAK, HR – Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Anem, SE, M.Si mewakili Pj. Bupati Landak menghadiri dan Sekaligus Penyerahan Secara Simbolis Bibit Pohon Dalam Rangka Bersih Polusi Udara Pada Kegiatan Hari Bersih Nasional Ke-4 Tahun 2023 dan Penanaman Pohon di Komplek Gereja Katolik Santo Mikael Sangku yang diselenggarakan oleh Komunitas Pasar Murah Adopsi Pohon (PMAP) Perwakilan Kalimantan Barat, di Aula Gereja Katolik Santo Mikael Sangku, Desa Dara Itam I, Kec. Jelimpo, Kamis (23/02/2023).

Turut hadir DPRD Landak, Ketua PMAP Kab. Landak, Kasubsektor Jelimpo, Dinas Lingkungan Hidup, Kades Dara Itam 1, Kades Balai Peluntan, serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Pj. Bupati Landak yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Anem, mengapresiasi atas inisiasi yang telah dilakukan oleh Komunitas Pasar Murah Adopsi Pohon Perwakilan Kalimantan Barat yang terlibat secara langsung dalam menjaga kehidupan manusia yaitu peduli dengan lingkungan, selain itu untuk menjaga kehidupan kita, peduli sampah, hari bersih nasional, dan menanam pohon.

“Saat ini sampah merupakan momok permasalahan yang cukup memprihatinkan bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena sampah ini tidak hanya bau, tapi juga bisa menyebabkan penyakit. Pemerintah sudah berusaha unruk menanggulangi sampah-sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga atau pabrik. Pemerintah Daerah Kabupaten Landak sudah menyediakan komplek pengelolaan sampah di Kecamatan Mempawah Hulu, namun alat-alat atau mesin yang ada belum dimanfaatkan dengan maksimal,” ujar Anem.

Lebih lanjut Anem menyampikan bahwa jika sampah dikelola dengan baik, dapat bermanfaat seperti pupuk kompos. Namun, karena kita belum mampu untuk mengolahnya, makanya menjadi sebuah permasalahan, selain itu masyarakat kita masih banyak yang belum peduli, Jadi sampah masih banyak yang dibuang sembarangan.

“Dengan kegiatan ini masyarakat khususnya di Desa Dara Itam I sadar akan kebersihan dan berusaha untuk menanam pohon karena sudah banyak pohon-pohon yang hilang dan berubah menjadi perkebunan sehingga suhu menjadi lebih panas karena berkurangnya pohon-pohon yang bisa menyerap panas,” terang Anem.

Tidak lupa Anem, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Landak sangat mendukung kegiatan ini supaya terus dilaksanakan untuk menjaga keberlangsungan hidup dan menjaga kesehatan bersama dan menyebutkan terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas PMAP ini mungkin nanti bisa dianggarkan melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk dapat membantu walaupun sedikit.

“Kami (pemerintah) mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas PMAP ini dan mudah-mudahan kedepannya lebih banyak lagi kegiatan atau lebih sering lagi kegiatan ini dilaksanakan, sebagai dukungan kami, melalui dinas terkait untuk menganggarkan kegiatan yang positif ini. Diharapkan juga mungkin dari Dewan (DPRD Kab. Landak) untuk dapat membantu memfasilitasi bagaimana cara untuk membantu kegiatan ini kedepannya supaya dapat lebih baik lagi,” tutup Anem. lp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *