Gubernur Jambi Hadiri Peringatan Hari Krida Pertanian di Sarolangun

oleh -201 views
Gubernur, Bupati dan pengurus Kelompok Tani Tunas Subur
SAROLANGUN, HR – Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Propinsi Jambi dipusatkan di Kab Sarolangun, belum lama ini. Namun sebelum menuju ke acara tersebut Gubermur Hasan Basri Agus, Bupati Sarolangun H.Cek Endra, Wakil Bupati Drs H Fahrul Rozi serta para SKPD Pemkab Sarolangun mengunjungi pabrik vulkanisir ban di Desa Sungai Merah.
Gubernur, Bupati dan rombongan melihat dari dekat proses pembuatan vulkanisir ban yang merupakan satu-satunya di Provinsi Jambi. Gubernur berharap pabrik ban ini bisa berkembang pesat sehingga bisa menampung pesanan dari daerah lain dan juga bisa dikembangkan dengan produksi lain yang memakai karet seperti sandal, kantong plastic dan lainnya.
Usai meninjau pabrik vulkanisir ban, Gubernur dan rombongan menuju kebun buah naga milik petani Tunas Subur di Desa Sungai Merah. Dengan menggunakan caping (topi) khas Jawa, Gubernur memetik buah naga di kebun tersebut, dan dilanjutkan oleh Bupati, Wakil Bupati, dan Ketua TP PKK Kab Sarolangun Ny Hj Rosita Endra. Gubernur dan rombongan juga mencicipi buah naga segar tersebut.
Bupati dan Kelompok Tani memetik buah naga
Ketua Kelompok Tani Budidaya buah naga Desa Sungai Merah, Rajak Santoso melalui bidang Hultikultura, Slamet Widodo, saat ditemui HR, mengatakan, saat ini kelompok taninya memiliki kebun buah naga seluas 1 ha dan tanaman buah naga 400 batang. Adapun buah naga yang berhasil dipanen sekitar 300 kg, atau 20 kg/minggu dengan harga Rp25.000/kg.
Usai berfoto bersama dengan anggota kelompok tani Tunas Subur, rombongan Gubernur menuju ke acara peringatan Hari Krida Pertanian di Gelora Sarolangun Emas. Selain Bupati Sarolangun H.Cek Endra, Wakil Bupati Drs H.Fahrul Rozi, Sekda, Ketua TP PKK Kab Sarolangun Ny Hj Rosita Endra para SKPD Pemkab Sarolangun, pejabat terkait dari Propinsi Jambi serta para Bupati se Propinsi Jambi, ribuan petani se Kab Sarolangun dan Kabupaten lain.
Dalam acara HKP ke-43 ini, Bupati Sarolangun H.Cek Endra menerima penghargaan terbaik 1 Adipangan Nusantara dari Gubernur H.Hasan Basri Agus (HBA) yang telah membuktikan keberhasilannya membina ketahanan pangan, serta sector perikanan, perkebunan dan kehutanan dan berhasil membina serta memotivasi leading sector kelompok tani dan PPL di tahun 2014. Dengan ditunjuk Sarolangun sebagai pusat penyelenggaraan HKP ke-43 Prov Jambi bisa menjadi motivasi bagi para petani Sarolangun untuk meningkatkan hasil pertaniannya agar swasembada pangan bisa membaik. ■ rip/adv

Tinggalkan Balasan