Gelar Musda II Dewan Adat Dayak Barito Utara

oleh -124 views
Gelar Musda II Dewan Adat Dayak Barito Utara.

MUARA TEWEH, HR – Pemkab Barut diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Ir. Inriaty karawaheni hadiri Musyawarah Daerah kedua Dewan Adat Daerah Kabupaten Barito Utara Tahun 2022 dalam rangka pemilihan ketua Umum Ketua Adat Dayak Kabupaten Barito Utara tahun periode 2022-2027.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Musyawarah Daerah II DAD mengusung  tema “Bulat Pakat Ije Semangat Bermartabat”, Senin (26/09/2022).

Dilaksanakan di gedung Balaiantang Muara Teweh. Adapun calon yang sudah terdaftar dalam pemilihan Calon Ketua Dewan Adat Dayak kabupaten Barito Utara yaitu sebanyak Lima orang yang akan bersaing dalam pemilihan nantinya.Adapun lima calon kandidat ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Barito Utara yaitu :

(1) Amir Mahmud (mantan anggota DPRD Barut),

(2) Jhon Kenedy (mantan Damang Lahei dan pengurus DAD),

(3) Jonio Suharto (Ketua DAD Barut sekarang),

(4) Fatimah Bagan (aktivis, pengurus DAD Barut),

(5) Saprudin S Tingan (Ketua Gerdayak Barut, tokoh dunia pendidikan, aktivis).Dalam sambutan ketua umum Dewan Adat Sayak Provinsi Kalimantan Tengah, Walter S. Tingan menyampaikan bahwa Dewan Adat Dayat terbentuk sesuai dengan regulasi peraturan perundang-undangan dan peraturan daerah sehingga Dewan Adat Dayak Merupakan lembaga yang sah dan diakui oleh negara yang memiliki tugas sebagai lembaga koordinasi dan supervisi bagi dewan adat dayak Kabupaten/Kota, demi membantu kelancaran tugas Damang Kepala Adat di bidang pemberdayaan, pelestarian, pengembangan, Adat-istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat Dayak.

Loading...

Dalam sambutan Bupati Barito Utara yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Ir. Inriaty karawaheni menyampaikan bahwa lembaga adat dayak merupakan lembaga mitra perintah terutama di daerah dalam upaya pelestarian dibidang adat istiadat masyarakat dayak. “Diharapkan kedepan Dewan Adat Dayak dapat bersinergi baik dengan pemerintah daerah maupun masyarakat secara luas dalam membangun SDM dalam pelestarian, pengembangan, Adat-istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat Dayak terkhususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara,” tutup Inriaty. mps

Tinggalkan Balasan