Foe : Ekonomi Tumbuh, Masyarakat Sejahtera

oleh -59 views
Warga Bangka Selatan saat berfoto bersama H Edy Junaidi Foe.

BANGKA SELATAN, HR – Meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibat UMKM. Berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UMKM tahun 2020 menyatakan bahwa UMKM memiliki kontribusi yang besar bagi PDB nasional sebesar 61%.

Besarnya peran UMKM tersebut membuat Legislator Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapil Kabupaten Bangka Selatan, H. Edy Junaidi Foe mengajak masyarakat Bangka Selatan untuk berusaha kecil-kecilan.

“Mari ibu-ibu, pemuda/i manfaatkan waktu luang yang ada untuk berusaha. Ini bisa dimulai dari yang terkecil seperti industri rumah tangga terlebih dahulu,” ajaknya saat memberikan materi pada kegiatan penyebarluasan perda di desa Ranggas, Sabtu (16/07).

H Edy Junaidi foe dihadapan warga Bangka Selatan.

Terlebih lagi saat ini pemprov Kepulauan Babel telah memiliki perda Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil. Dimana setiap orang yang memiliki koperasi dan usaha kecil dapat mengajukan kredit kepada pemerintah provinsi Kep. Babel untuk mendapatkan tambahan modal berusaha, melalui lembaga kredit (Jamkrida) atau BUMD.

“Bantuan kredit dapat diajukan ke pemerintah melalui Jamkrida Bangka Belitung akan mempermudah masyarakat dalam mengembangkan usahanya, syarat-syarat dan prosedur dalam melakukan pinjaman agar dipermudah apalagi permohonan yang dilakukan dalam bentuk kelompok,” katanya.

Untuk itu dirinya mengajak masyarakat desa ranggas untuk membentuk kelompok atau koperasi, untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa tersebut.

“Ekonomi tumbuh, masyarakat desa dapat hidup dengan sejahtera,” tutupnya.

Loading...

Turut hadir dalam kegiatan tersrbut kepala desa Ranggas, dan masyarakat sekitar dan seorang narasumber seorang Praktisi Hukum dari Kabupaten Bangka Selatan, Bapak Ibrohim,SH. agus priyadi

Tinggalkan Balasan