Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan Disambut Meriah Warga Barito Utara

oleh -104 views
Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan Disambut Meriah Warga Barito Utara.

MUARA TEWEH, HR – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Utara Melaksanakan Festival Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) Tahun 2022, yang dijadwalkan dari hari Selasa 21 Juni 2022 sampai Sabtu 25 Juni 2022.

Festival budaya iya mulik bengkang turan mampu memukau warga barito utara,terhibur dan terkenang budaya leluhur. Pada tahun 2022 ini, FBIMBT memperlombakan diantaranya lomba Karungut dongkoi, lomba lagu daerah, lomba jukung tradisional, lomba besei kambe, lomba sepak sawut, lomba mangenta, lomba balogo, lomba malamang, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba maneweng, manatek dan manyila kayu, Sabtu (25/06/2022).

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra yang datang meninjau pelaksanaan berharap agar FBIMBT mampu menjadi media bagi para pelaku seni dan pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi mengembangkan karya-karyanya, sehingga bisa dikenal dan diterima masyarakat luas dan juga sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan Nusantara bahkan mancanegara dan menjadi sarana untuk melestarikan budaya serta kuliner nenek moyang.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Barito Utara dan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara mencoba besei kambe. Adapun Besei Kambe adalah olahraga berupa mendayung saling berlawanan arah didalam satu perahu. Dalam bahasa suku Dayak Ngaju, Besei artinya dayung/pendayung/mendayung, dan Kambe diartikan sebagai roh atau arwah nenek moyang suku Dayak.

Loading...

Sebelum memulai permainan, peserta lomba akan dibagi kedalam dua regu yang masing-masingnya beranggotakan dua orang. Kedua regu yang akan bertanding tersebut akan duduk saling berbelakangan dengan lawan dalam satu perahu. Aturan selanjutnya adalah masing-masing regu harus bersaing kuat-kuatan untuk mendayung perahu kedua arah yang berlawanan. Regu yang terlebih dahulu melewati batas penentuan dewan juri, maka dinyatakan sebagai pemenang. mps

Tinggalkan Balasan