Empat PKBM Wilayah Kembangan Jakbar Adakan USBN 2019

oleh -125 views

JAKARTA, HR – Sebanyak 205 peserta mengikuti ujian pendidikan kesetaraan paket C di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Masturoh Tifalawati SSos selaku ketua PKBM Sinar Padian mengungkapkan, kepada HR bahwa, program PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) ini menjadi solusi bagi warga atau masyarakat yang belum mengenyam pendidikan formal.

Bagi mereka yang sudah bekerja program ini berguna untuk penyetoran gaji dan bagi yang belum bekerja merupakan alternatif pilihan untuk mengembangkan bakat.

Dra Hj Dahlia ketua PKBM Amari menjelaskan, ada dua lokasi ujian di kecamatan Kembangan yaitu di SDN Meruya Selatan 01 dan SDN Meruya Utara 02. Ada empat PKBM di Kecamatan Kembangan yang mengikuti ujian paket C yaitu PKBM Negeri 06, PKBM Amari, PKBM Sinar Padian dan PKBM HSPB. Dan sebagai ketua penyelenggara USBN Paket C di SDN Meruya Selatan 01 adalah Mangisi Hutahaean.

Hj Dahlia melanjutkan terdapat 12 mata pelajaran yang diujikan kepada para peserta. “Bahasa Indonesia, PKN, Matematika, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Bahasa Inggris, Agama, Seni Budaya, Penjaskes dan Mulok,” ujarnya.

“Pelaksanaan ujian tersebut berlangsung selama 6 hari 18 Maret 2019-23 Maret 2019 pukul 13.30 -18.00,” imbuhnya.

Proses pembelajaran yaitu 60 persen untuk praktek dan 40 persen untuk teori. Program ini dapat memudahkan bagi mereka yang memiliki kesibukan yang memang tidak bisa ditinggalkan sama sekali. Contohnya atlet, pegawai, dan lain-lain.

Kegiatan belajar di PKBM ini tiga hari dalam seminggu. Setiap peserta didik dapat mengikuti ujian paket C dan akan mendapatkan ijazah dari Dinas Pendidikan dan PKBM ini sudah berjalan selama 8 tahun.

Jamaludin siswa tertua yang bekerja di PPSU mengungkapkan, kegembiraannya sebagai peserta. “Saya senang dan bersyukur bisa mengikuti ujian paket C dan mendapatkan ijazah dari Dinas Pendidikan,” ujarnya. jm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *