Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Mamuju Edukasi Zero Waste di SDN 5 Mamuju

oleh -42 views

MAMUJU, HR – Pasukan Khusus Penjaga Bumi, Himpunan Mahasiswa Jurusan Bersama Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mamuju melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema “Pengelolaan Sampah di Sekolah Dengan Edukasi Zero Waste”, di SDN 5 Mamuju, Rabu (02/10/2019).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mamuju. Sebelumnya telah dilakukan penyuluhan tentang jenis jenis sampah dan bagaimana cara meminimalkan sampah. Dan juga praktek daur ulang sampah plastik menjadi mainan dan juga tempat pensil.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 50 siswa SD kelas 4 dan 5, terdiri beberapa jenis kegiatan. Diantaranya adalah menimbang sampah yang telah dikumpulkan selama 1 bulan, dan kelompok yang memiliki sampah terberat keluar menjadi juaranya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba memilah sampah dan yang ketiga adalah penyerahan tempat sampah yang di wakili oleh kepala sekolah SDN 5 Mamuju.

Kepala sekolah SDN 5 Mamuju, Arman, S.Pd menyampaikan perasaan senang dengan adanya kegiatan pengabdian Kmasyarakat di sekolahnya. arena menurut beliau, dengan adanya kegiatan seperti ini, siswa mendapat pengalaman baru diluar dari apa yang telah mereka dapatkan di mata pelajaran yang ada di sekolah. Dan berharap dengan kegiatan ini siswa dapat berperan dalam mengurangi sampah terbuang di sembarang tempat.

Ketua pengabdian masyarakat ini, Fahrul Islam, SKM, MKM, alumni S2 Kesehatan Lingkungan universitas Indonesia menyebutkan, bahwa kegiatan pengabmas ini dilakukan dalam rangka memperingati hari kesehatan lingkungan sedunia.

Loading...

“Tema tahun ini adalah Tantangan perubahan iklim, saatnya kesehatan lingkungan bergerak secara global. Dengan sosialisasi pengelolaan sampah zero waste ini diharapkan siswa dapat mengetahui tentang manfaat dari pengelolaan sampah. Dengan hal ini, diharapkan menjadi wujud nyata adaptasi manusia terhadap perubahan iklim,” pungkasnya. tia

Tinggalkan Balasan