Disdikpora Kabupaten Badung Gelar Pelatihan KIR

oleh -169 views
BALI, HR – Untuk meningkatkan sektor pendidikan, Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) bagi Siswa tingkat SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Badung, Rabu (20/7) kemarin yang bertempat di Hotel Batu karu. Acara di buka Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab Badung yang diwakili Kabid Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga Drs. I Nyoman Punia, yang ditandai dengan pemukulan gong.
Dalam sambutan Kadis Pendidikan, pemuda dan Olahgara yang dibacakan oleh I Nyoman Punia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Badung memilki komitmen yang pasti dan kuat untuk memajukan sektor pendidikan. Kemajuan sektor pendidikan tidak semata-mata didorong oleh besarnya anggaran yang mendukungnya, melainkan juga hasil dari proses pendidikan. salah satu proses pendidikan yang sangat mendorong kemjauan adalah adanya penelitian-penelitian dan penemuan-penemuan baru melalui suatu karya ilmiah dan sebagai parameter bahwa kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan bangsa tersebut.
Dimana Pelatihan KIR bukan saja bertujuan mendorong tumbuhnya kepekaan para siswa sebagai insan yang sedang menjalani proses pendidikan, namun juga harus dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pemecahan-pemecahan masalah yang terjadi dilingkungan sekitanya. Pelatihan KIR ini diharapkan dapat dilaksanakan secara periodik, dalam rangka memberikan pengetahuan tambahan tentang metode penulisan karya ilmiah, sekaligus menjaring bibit-bibit penulis karya ilmiah yang potensial yang nantinya dapat diharapkan tampil sebagai wakil Kabupaten Badung dalam ajang lomba karya ilmiah baik ditingkat provinsi bali maupun di tingkat nasional.
Drs I Ketut Widia Astika 
Kadsdikpora Kab Badung
Kasi Pembinaan Generasi Muda I Nyoman Suditra selaku ketua panitia melaporkan, Pelatihan KIR tahun 2016 mengambil tema “Melalui Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) kita Tingkatkan Wawasan Siswa yang Inovatif di Kabupaten Badung Tahun 2016”. Pelatihan ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyamakan persepsi dalam penulisan suatu karya ilmiah, disamping memberikan wawasan, kesempatan dan pemahaman atas karya ilmiah yang berkualitas.
Dengan tujuan sebagai ajang berkumpulnya para siswa, untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dalam penulisan karya -karya ilmiah yang sudah dilakukannya dan secara periodik melaksanakan ajang lomba KIR sehingga dapat meningkatkan motivasi, dinamisasi dan kreatifitas para peserta KIR dan mampu mengerjakan suatu karya yang bersifat Ilmiah. tempat penelitian yang diambil untuk tahun 2016 bertempat di Desa Plaga kecamatan petang secara bersama-sama. Pelatihan KIR untuk tahun 2016 diikuti siswa SMP Negeri/Swasta se Kab Badung sebanyak 50 Orang peserta dan Siswa SMA dan SMK negeri/Swasta se Kab Badung sebanyak 50 Orang peserta. waktu pelaksanaan selama tiga hari dari tanggal 20 s/d 22 Juli 2016. ans


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan