Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim Diganjar 2 Penghargaan

oleh -227 views
SURABAYA, HR – Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Provinsi Jatim semenjak dibawah kepemimpinan Ir. Heru Tjahjono banyak menelurkan berbagai inovasi dalam hal pelayanan publik, yang tujuannya untuk mensejahterakan nelayan di Jawa Timur. Inovasi yang dilakukan sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan. Salah satu inovasi yang mendapatkan perhatian pemerintah pusat, yakni ”Menjebol Dokumen Kapal” dan “Underwater Restocking”.
Heru Tjahjono (kanan) saat menerima penghargaan.
Keberanian DPK Provinsi Jatim dalam berinovasi tersebut akhirnya berbuah manis dengan diganjar penghargaan “TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik” dari Menteri PAN-RB Yuddy Crisnandi.
Dua penghargaan tersebut diterima langsung Heru Tjahjono selaku Kepala DPK Provinsi Jatim, didampingi Asmuri S, selaku Sekretaris DPK Provinsi Jatim dalam acara “Simposium & Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016″ pada tanggal 31 Maret 2016 di Gedung Jatim Expo Surabaya.
Menjebol dokumen kapal merupakan inovasi dari DPK Provinsi Jatim dalam melayani dokumen kapal dan perizinan usaha penangkapan ikan secara jemput bola, atau secara langsung mendatangi kelompok nelayan yang ada di sekitar pesisir pantai untuk memberi pemahaman terkait prosedur perijinan dokumen kapal. Dalam pelaksanaannya, Dishub & LLAJ Provinsi Jatim dan Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak juga dilibatkan.
Sedangkan Underwater Restocking adalah penenggelaman rumah ikan dan penebaran bibit ikan yang tujuannya untuk percepatan sumber daya ikan dalam hal penyediaan stock ikan tangkap bagi nelayan, dan juga bisa dijadikan sebagai wahana diving.
“Underwater restocking adalah inovasi yang sangat dibutuhkan saat ini, karena dengan menebar rumah ikan dan benih ikan di laut pada lokasi yang tepat, maka dampak yang diperoleh pada masa yang akan datang sangatlah baik,”kata Yuddy dalam sambutannya.
Pada acara tersebut Pemerintahan Provinsi Jawa Timur berhasil dinobatkan sebagai provinsi yang paling banyak menerima penghargaan (juara umum), yakni 14 penghargaan, dimana diantaranya dua penghargaan diterima oleh DPK Provinsi Jatim.
Peserta Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2016 terdiri dari 11 inovasi dari kementerian, 5 inovasi lembaga pemerintah, 25 inovasi provinsi dan 40 inovasi kabupaten/kota. ian

Tinggalkan Balasan