Di TMP Syuhada Pertiwi, Kapolres Sintang Pimpin Upacara Kehormatan dan Renungan Suci

oleh -79 views

SINTANG, HR – Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, SIK, SH, MIK memimpin jalannya upacara Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun 2021, di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi Jalan M. T. Haryono KM-7 Sintang, pada Selasa 17 Agustus 2021 dini hari.

Upacara yang di mulai pukul 00.00 WIB itu turut dihadiri Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Porman Patuan Radot, SH.,MH, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat, S.Sos, M.Si. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J, S. Pd, M.A.P dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Sintang.

Upacara ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh komandan upacara, pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara, mengheningkan cipta, penyalaan obor oleh inspektur upacara, penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh komandan upacara, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dan pembacaan doa.

“Kami yang hadir pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2021 pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat. Pada apel kehormatan dan renungan suci untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 63 orang, pegawai negeri sipil 2 orang pejuang rakyat 9 orang, pahlawan tak dikenal tidak ada. Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keiklasan dan kesucian dan pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebaikan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami semua. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ucap Kapolres Sintang saat membacakan teks apel kehormatan.

Di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi Sintang terdapat 73 makam pahlawan yang terdiri dari Angkatan Bersenjata 62 orang, Pegawai Negeri Sipil 2 orang dan Pejuang Rakyat 9 orang.

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak mengatakan, upacara renungan suci ini bertujuan untuk mengenang dan memberikan rasa hormat kepada para pahlawan yang telah menghadap kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas pengabdianya kepada bangsa dan negara selama masa hidupnya.

Untuk itulah kata Kapolres Sintang, semua anak bangsa harus menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada mereka atas keikhlasan, kesucian, serta pengorbanan para pahlawan dalam mengabdikan diri demi negara.

Loading...

Hadir sebagai peserta Renungan Suci adalah pasukan dari Kodim 1205 Sintang, Satuan Brimob Pandan, Polres Sintang dan Satpol PP Kab.Sintang. Kegiatan selesai tanggal 17 Agustus 2021 pukul 00.15 Wib,dalam keadaan aman dan kondusif. tim

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.