Dewan : Sekda Sebaiknya dari Internal

oleh -267 views
Bambang Mujiarto, S.T 
BANDUNG, HR – Calon Sekretaris Daerah (Sekda) definitif sekretariat daerah Pemerintahan Provinsi Jawa Barat akan lebih baik berasal dari internal Setda Pemprov Jabar. Alasannya, karena yang bersangkutan lebih menguasai sistem yang ada didalam.
Pernyataan ini dikemukakan Bambang Mujiarto, ST, anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat kepada HR, saat ditemui di ruang kerjanya di Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, Selasa (16/6).
Dikatakannya, Sekretaris Daerah itu harus diisi oleh orang yang mumpuni, kredibilitasnya bagus, etos kerjanya tidak diragukan, dan yang terpenting adalah jenjang kariernya. “Ini harus jadi pertimbangan, sehingga apa yang menjadi amanah yang diberikan kepadanya bisa dijalankan dengan baik,” ujarnya.
Masalah adanya calon dari luar sekeratriat daerah, Bambang yang berasal dari daerah pemilihan Kabupaten/Kota Cirebon dan Indramayu menilai selagi keilmuannya mampu dan juga mempunyai pengalaman, tidak jadi persoalan. “Tetapi alangkah baiknya itu diambil dari internal, karena mereka akan lebih menguasai sistem yang ada di dalam,” tuturnya.
Dikatakan, walaupun “mengambil” Sekda berasal dari luar tidak haram hukumnya, kalaupun orang yang diluar itu memiliki kemampuan untuk menjalankan manajerial tidak jadi persoalan. “Tetapi yang kita harapkan lebih baik dari internal saja, karena lebih berpengalaman. Adanya calon dari luar dilihat Bambang dari sisi kompetensi kariernya jadi kurang elegan,” paparnya seraya menambahkan agar agar jenjang kepangkatan tidak putus begitu saja.
Dia mengisyaratkan siapapun yang jadi Sekda harus orang yang betul-betul paham tentang kondisi Jawa Barat. Hal itu didasarkan kemungkinan adanya perbedaan persepsi antara calon sekda dari luar dengan internal mengenai tata kelola birokrasi Pemprov Jabar.
Karenanya, perlu adanya syarat keterukuran dari sisi kemampuan kandidat eksternal. “Kenapa kita lebih sepakat dari internal, karena mereka sudah lebih terukur dari yang lain. Kalaupun mungkin mereka memiliki kemampuan lebih, tetapi intensitas dalam roda birokrasi ini yang terlihat oleh kita,” kata dia. ■ horaz

Tinggalkan Balasan