Dankolakopsrem 121/Abw Tutup Patroli Terkoordinasi TNI TDM Seri 2 Tahun 2022

oleh -63 views
Dankolakopsrem 121/Abw Tutup Patroli Terkoordinasi Tni-Tdm Seri 2 Tahun 2022.

NANGA BADAU, HR – Dankolakopsrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko melaksanakan Upacara Penutupan Patroli Terkoordinasi (PATKOR) Seri 2 Tahun 2022 di PLBN Nanga Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (1/12/2022).

Wilayah perbatasan sangat rawan dengan berbagai permasalahan. Tidak hanya berkaitan dengan keamanan negara, tetapi juga  berbagai hal yang berkaitan dengan situasi masyarakat tradisional yang bermukim tidak jauh dari perbatasan negara. Ditambah lagi wilayah perbatasan masih terdapat jalan tradisional yang digunakan masyarakat perbatasan dan rawan dimanfaatkan untuk kegiatan ilegal antar negara bertetangga ini.

Illegal logging, illegal mining, Human trafficking, pelintas batas ilegal dan tindakan  kriminal lainnya seperti peredaran  narkotika, yang kerap memanfaatkan celah di wilayah perbatasan kedua negara serta berbagai dampak lainnya. Oleh karenanya untuk mencegah hal tersebut, TNI AD dengan TDM bekerjasama melaksanakan Patroli Terkoordinasi di sepanjang perbatasan darat RI-Malaysia. kegiatan ini dilaksanakan setahun dua kali pada akhir tahun 2022 ini kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Seri 2/2022 dilaksanakan di perbatasan  antara Nanga Badau dengan Lubok Antu. Adapun satuan yang melaksanakan tugas operasi pengaman perbatasan saat ini adalah Satgas Yonarmed 19/Trk Bogani (TNI-AD) dengan Pasukan 13 RAMD (TDM).

Dankolakopsrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko mengatakan dari hasil risalah Unit Commander’s Meeting (UCM) seri 1/2022 pada tanggal 2 Agustus 2022 di Markas 3 Briged Kuching, Sarawak – Malaysia, Patroli Terkoordinasi antara TNI-AD dengan TDM sudah disepakati dan dilaksanakan kembali serta pengaktifan semula Pos Gabungan bersama antara TNI AD dan TDM pada tanggal 15 Agustus 2022 yang lalu di 3 Pos Gabma yaitu Pos Gabma Aruk/Sajingan, Pos Gabma Entikong dan Pos Gabma Nanga Badau.

“Kegiatan Patroli Terkoordinasi ini disamping untuk menjaga patok batas negara dan mencegah berbagai aktifitas Illegal, juga sekaligus  untuk mendorong terciptanya iklim yang kondusif di sepanjang perbatasan darat RI-Malaysia,” jelas Dankolakopsrem 121/Abw.

Danrem 121/Abw menambahkan, “Melalui kegiatan Patroli Terkoordinasi ini saya, selaku Dankolakopsrem 121/Abw berpesan kepada prajurit yang melaksanakan Patroli agar selalu menjaga hubungan dan jalinan silaturahmi yang sudah berjalan baik selama ini.  jadikanlah momentum ini sebagai sarana untuk berinteraksi dan saling mengerti antara prajurit kedua negara,” pesan Dankolakopsrem 121/Abw.

Loading...

Turut hadir dalam kegiatan ini, Panglima 3 Briged TDM, Ketua Staf Markas 3 Briged, Pegawai Memerintah 13 RAMD, Para Perwira Briged 3 TDM, Serta seluruh Prajurit 3 Briged TDM, Kasiitel Kolakopsrem 121/Abw, Kasiops Kolakopsrem 121/Abw, Dansatgaster Dim 1205/Stg, Dansatgaster Dim 1206/Psb, Dansatgas Yonarmed 19/Trk Bogani serta  Para perwira, Bintara dan Tamtama Yonarmed 19-105/Trk Bogani. tim

Tinggalkan Balasan