Bupati Usman Ermulan Promosi Gema Desa Rakornas PPDD

oleh -380 views
KUALA TUNGKAL, HR – Bupati Tanjung Jabung Barat H Usman Ermulan dengan gamlang mempromosikan keberhasilannya membangun desa melalui Program Gerakan Membangun Desa “Gema Desa” di hadapan Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementrian PDT dan Perwakilan Mendagri.
Menurut Bupati, Program Gema Desa yang digagasnya sama persis dengan Program Kementerian PDT. Kementerian PDT dalam program membangun desa dengan Penyaluran Dana untuk setiap desa antara Rp260 – 300 juta pada tahun 2015.
Hal ini diungkapkan Bupati dalam Forum Diskusi Rakornas Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahan Pertama Tahun 2015 yang diselenggarakan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi di Gedung Makarti Mukti Tama Transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (25/5). Yang dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia dan pejabat tinggi Kementrian PDT.
“Tidak berlebihan jika saya katakan kalau Kab Tanjung Jabung Barat telah terlebih dulu melakukan pembinaan dan pembangunan infrastruktur desa dengan mengucurkan dana desa kepada seluruh desa/kelurahan pada tahun 2014 sebesar Rp300 juta per desa.
Dengan dana ini, oleh desa/kelurahan digunakan untuk pembangunan kantor desa, hasilnya sangat jelas. Pada tahun 2014 seluruh desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah memiliki Kantor Desa baru melalui program Gema Desa. Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Provisni
Jambi yang seluruh desanya memiliki kantor desa sendiri pada tahun 2014. Ditambahkan Usman lagi, di tahun 2015 ini, bantuan dana tersebut ditingkatkan dari Rp 300 juta menjadi Rp 360 juta.
“Jadi, nantinya ada sekitar Rp620 juta atau lebih dana di tiap-tiap desa di Kabupaten kami, dengan rincian kalau Rp260 juta atau Rp300 juta dari Pusat ditambah Rp360 juta dari APBD Tanjab Barat, diharapkan anggaran ini akan dapat dimanfaatkan guna memacu pertumbuhan di segala aspek pembangunan desa,” sebut Usman. ■ 766-hi/adv

Tinggalkan Balasan