Bupati Tanjabbar Hadiri AITIS 2015 di Jiexpo Jakarta

oleh -230 views
KUALA TUNGKAL, HR – Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Usman Ermulan menghadiri acara Internasional Trade and Investment Summit (AITIS) 2015, beberapa waktu lalu. AITIS merupakan ajang promosi perdagangan dan investasi bertaraf internasional yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Kegiatan yang digelar di Hall D Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta dibuka Presiden Joko Widodo.
Sebelum kegiatan ini, Selasa (12/5), Bupati Tanjabar H. Usman Ermulan juga menghadiri Munas IV APKASI yang dihadiri ratusan Kepala Daerah se-Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta.
Presiden Jokowi dalam sambutan singkatnya saat membuka AITIS 2015 mengajak kepala daerah untuk lebih aktif menggali, mempromosikan dan memberdayakan segala potensi yang dimiliki daerah masing-masing.
Sehingga daerah memiliki keunggulah dan kekhususan tersendiri, sehinga kab/kota nampak karakternya, yang bisa mendatangkan investor, tidak monoton semua daerah sama.
“Perdagangan dan investasi saat ini menjadi kunci bagi pertumbuhan suadaya. Jangan sampai pimpinan daerah baik gubernur maupun bupati/walikota jangan terjebak dengan rutinitas birokrasi sehingga melupakan melupakan membangun sebuah strategi kebijakan ekonomi daerah. Saya lihat, banyak sekali potensi daerah, banyak sekali kekuatan ekonomi di daerah yang tidak terangkat dengan baik. Karena pimpinan daerahnya terjebak dengan rutinitas birokrasi di pemerintahan. Banyak sekali peluang yang bisa ditawarkan ke investor, banyak komoditas- komoditas yang juga bisa, saling dipertukarkan antara kabupaten/kota dan antar provinsi. Tetapi ini tidak banyak dilakukan. Mestinya ini harus dilakukan,” ujar Jokowi.
Pameran AITIS tahun ini, banyak peserta yang dilibatkan seperti pemerintah kabupaten, pemerintah kota, pemerintah provinsi, pemerintah pusat yang terdiri dari seluruh Kementerian serta perusahaan berasal dari Asean, Tiongkok, Australia, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan Amerika Serikat.
Pameran diagendakan akan berlangsung selama 3 hari, sejak tanggal 13 sampai 15 Mei 2015 di Hall D, A1, 2 dan 3 Jiexpo Kemayoran, Jakarta. ■ 766-hi/adv

Tinggalkan Balasan