Bupati Takalar Buka Musyawarah Pemekaran Kec Kep Tanakeke

oleh -690 views

TAKALAR, HR – Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt.MM membuka secara resmi Musyawarah Pemekaran Kecamatan Kepulauan Tanakeke Kab Takalar tahun 2018, di aula pertemuan Kantor Kecamatan Mappakasunggu, Jumat (11/5).

Makkusila, SE.,MM selaku Camat Mappakasunggu mengatakan, bahwa musyawarah ini merupakan tindak lanjut dari musyawarah pemekaran kecamatan di tahun 2012 lalu, dan ditindaklanjuti di tahun 2013 hasil kajian, kondisi objektif dari Pulau Tanakeke.

H. Syamsari dalam arahannya mengatakan bahwa pembentukan kecamatan baru harus memenuhi tiga syarat yaitu administratif, teknis, dan fisik kewilayahan.

“Tentu di pemkab berharap bisa segera selesai. Tujuan dari pemekaran ini tidak lain adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat tanakeke.
Oleh karena itu, Pemkab merancang terus bagaimana mencari solusi terbaik,” jelasnya.

Turut hadir Kabag Pemerintah Setda Kab Takalar, para Kepala Desa di Kec Mappakasunggu serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Secara terpisah Zainuddin Nakku DL Direktur Eksekutif Lembaga Riset dan Kajian Publik (LSM REKAP), sekaligus tokoh pemuda Pulau Tanakeke, sangat mengapresiasi Pemkab Takalar atas rencana pemekaran Kecamatan Kepulauan Tanakeke.

Dalam pemaparannya, Zainuddin Nakku DL menjelaskan, bahwa Tanakeke terdiri dari lima desa yaitu, Maccini Baji, Mattiro Baji, Rewataya, Tompo Tana dan Balang Datu.

Di wilayah itu, jumlah wajib pilihnya kurang lebih 5.000 jiwa dari total warga yang mencapai 10 ribuan jiwa. Mata pencaharian juga terdiri dari pertanian, perikanan, tambak, dan nelayan.

Loading...

Lanjut Zainuddin Nakku, ibu kota kecamatan sudah disepakati terletak di Desa Maccini Baji dengan alasan Pusat PLN Rayon Tanakeke, Sekolah TK, SD, SMP, SMA, Pasar. Selain itu Desa Maccini Baji juga terletak di tengah-tengah,” tutur Zainuddin. kartia

Tinggalkan Balasan