Bupati Subang ke-5 Rohimat Hembuskan Nafas Terakhir

oleh -230 views
Rohimat
SUBANG, HR – Mantan Bupati Subang H Rohimat tutup usia saat menjalani perawatan di RS Borromeus Bandung, Rabu (15/7), pukul 19.30 WIB. Pria yang meninggal dalam usia 76 tahun ini menjabat Bupati Subang pada periode 1998-2003.
Almarhum yang lahir di Bandung pada 8 Agustus 1939, meninggalkan seorang istri, tiga anak, dan lima cucu. Jenazahnya kemudian dibawa ke rumah duka di Kampung Bojong Malaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, untuk disemayamkan.
“Tadi pagi jenazah beliau sudah dikebumikan. Pihak keluarga sendiri sudah ikhlas menerima kepergian almarhum,” ujar seorang kerabat almarhum, Adang, kepada wartawan, Kamis (16/7).
Dia menuturkan, almarhum meninggal setelah dua hari dirawat di RS Borromeus, setelah dua pekan sebelumnya menjalani operasi limpa di RS Hasan Sadikin Bandung.
“Belakangan ini, almarhum didiagnosa menderita gangguan limpa, ada benjolan berupa daging. Sehingga dua minggu lalu harus dioperasi di RSHS. Setelah sempat membaik, almarhum kembali dirawat dua hari di RS Borromeus,” paparnya.
Adang menyebut, almarhum sosok pekerja keras yang berhasil menduduki jabatan bupati dengan cara berkarir di birokrasi dari bawah, mulai dari PNS staf, sepala sub bagian, kepala bagian, asisten daerah, sekretaris daerah, hingga bupati.
Rohimat tercatat menjalani karir PNS dibeberapa daerah di Jawa Barat, mulai dari staf di Kabupaten Bandung, Bekasi, Asisten daerah (Asda) I Pemerintah Kodya Bandung, Sekda Cirebon, Wakil Bupati Subang Periode 1993-1998, dan terakhir Bupati Subang periode 1998-2003.
Dengan kepemimpinannya di Subang turut andil memperoleh penghargaan secara berturut-turut pada tahun 1994 (piagam Adipura), berikutnya tahun 1995,1996 dan 1997. Selain dibirokrasi, Rohimat diketahui pernah aktif di organisasi sosial kemasyarakatan, dengan menjadi Dewan Penasehat Partai Golkar Kabupaten Subang. Adang menyebut, proses pemakaman almarhum dihadiri banyak kerabat dan kolega.
“Tadi yang hadir itu di antaranya mantan-mantan Bupati Subang dan Sekda (HM Abdurakhman). Kalau Pak Ojang (Bupati Subang) sudah ngejenguk almarhum waktu di rumah sakit,” pungkas Adang yang kini menjabat sebagai Kabag Humas Pemkab Subang.
Rohimat, pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Subang pada 5 April 2012, sempat hadir di tengah-tengah pejabat dan tamu undangan. Pada saat itu ia menyampaikan kebangganya atas kemajuan pembangunan di Kabupaten Subang. ■ herpan

Tinggalkan Balasan