Bupati Sidak UPT Pendidikan Cigedug

oleh -219 views
GARUT, HR – Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH, MH, Rabu (13/9) yang sedianya akan menghadiri sebuah acara di Kecamatan Cikajang, diperjalanan rombongan Bupati berhenti dilapangan Desa Sindangsari Kecamatan Cigedug dan memasuki areal lapangan yang kebetulan sedang diselenggarakan kegiatan Manasik Haji siswa PAUD se Kecamatan Cigedug.
Tentu saja panitia dari HIMPAUDI dan IGTK Kecamatan Cigedug kaget dan terheran dimana rombongan Bupati langsung menghampiri peserta manasik haji HIMPAUDNI beserta ibu-ibunya.
“Suatu kehormatan yang luar biasa buat kami, meskipun kami sempat kalang kabut karena sama sekali tidak ada rencana mendatangkan ataupun kedatangan Bupati Garut. Kami diberitahui oleh Ibu Camat katanya mau ada Bupati lewat, itupun tiba-tiba rombongan Bupati sudah datang bersamaan saat ibu Camat memberikan informasi”, ujar Udus ketua panitia manasik HIMPAUDNI.
Setengah jam kemudian Bupati langsung meninggalkan lapangan dan rombongan dan berhenti dikantor UPT Pendidikan Kecamatan Cigedug yang kebetulan sedang melakukan renovasi kantor.
Staf UPT Pendidikan Kecamatan Cigedug yang sedang bekerja tampak berhampuran keluar ruangan menyambut Bupati yang sudah masuk ruang tamu kantor UPT bersama Camat Cigedug. Meskipun hanya sekitar sepuluh menit, namun Bupati sempat melakukan sidak inspeksi dan brifing dengan staf UPT Pendidikan Cigedug dengan terlebih dahulu mengabsen nama-nama staf berdasarkan papan organigram yang dibaca Bupati sembari mengecek satu persatu ruangan, terlihat ruangan Pengawas SD dan Penilik kosong
“keberadaan UPT Pendidikan ini sangat penting, terlebih untuk Kabupaten Garut yang memiliki posisi geografis spesifik. Saya melihat kinerja kepala UPT Pendidikan Cigedug beserta Pengawas dan Penilik cukup bagus, saya juga sudah mendengar laporan sebelumnya, makanya saya cek langsung ke lapangan”, Ungkap Bupati.
Bupati menegaskan bahwa “Memang yang harus full berada dikantor adalah staf pelaksana untuk melayani kebutuhan administrasi. Sedangkan Kepala UPT Pendidikan, Pengawas dan Penilik harus banyak berada dilapangan untuk melakukan monitoring dan supervisi sekolah serta kegiatan lainnya agar kualitas pendidikan dapat memenuhi delapan standar yang sudah ditetapkan pemerintah.
Bupati menjelaskan bahwa dirinya sengaja melewati jalur Cigedug untuk melihat langsung kondisi infrastruktur jalan yang rusak. Termasuk melakukan inspeksi ke kantor UPT Pendidikan untuk mengecek kinerja kelembagaan UPT yang saat ini sedang dikaji berdasarkan Permendagri 12 tahun 2017.
Kepala UPT Pendidikan Ma’mun Gunawan menjelaskan bahwa penilik sedang memonitoring pelaksanaan manasik Haji PAUD. Sedangkan pengawas sedang melakukan kegiatan Bimbingan Standar Pelayanan Minimun Internal (SPMI) dan Pendampingan Induk Klaster Kurikulum 2013 yang tersebar dibeberapa sekolah dasar. Bahkan ada pengawas yang melakukan pendampingan diluar kecamatan Cigedug makanya terlihat kosong. Tandasnya. deni


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan