Bupati Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat

oleh -234 views
oleh
Bupati Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan sarana pendukung alokasi DAK fisik bidang pertanian 2022.

SUKABUMI, HR Bupati Sukabumi H Marwan Hamami meresmikan lumbung pangan masyarakat (LPM) dan sarana pendukungnya alokasi dak fisik bidang pertanian tahun anggaran 2022 yang ditandai dengan penandatanganan prasasti bertempat di Gapoktan Tunas Jaya, Desa Cikangkung-Ciracap, Kamis (25/1/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati meresmikan enam unit LPM yang diterima oleh Gapoktan Tunas Jaya Kec Ciracap, Gapoktan Sinar Tani Kec. Jampang Tengah, Gapoktan Tunas Bangsa Kec. Pabuaran, Gapoktan Margamulya Kec. Sagaranten, Gapoktan Rukun Warga Kec. Kalibunder, Gapoktan Mitra Mandiri Kec.  Jampangkulon.

Dimana peresmian ini dipusatkan di Gapoktan Tunas Jaya Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap.

Bupati Sukabumi dalam sambutannya sampaikan apresiasi kepada panitia dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya sehingga pembangunan LPM ini selesai dibangun dengan sebagaimana mestinya.

“Alhamdulillah semua berkomitmen untuk menjalankan tugasnya masing-masing dengan sebaik mungkin dalam sebuah sinergi dan kolaborasi yang baik demi terwujudnya ketahanan pangan di kabupaten Sukabumi,“ ungkapnya.

Bupati menyebutkan, bahwa Pembangunan infrastruktur LPM ini sebagai realisasi atas amanat undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, “yakni pada pasal 33 ayat 1 Masyarakat mampunyai hak, dan kesempatan seluas-luasnya dalam upaya mewujudkan cadangan pangan masyarakat” dan pada ayat 2-nya bahwa “pemerintah pusat, dan daerah, memfasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat sesuai kearifan lokal,” jelasnya.

Bupati berpesan keberadaan lumbung pangan ini harus dikelola secara profesional dan harus diperihara dengan sebaik mungkin sehingga fungsinya dapat dimaksimalkan guna mendorong terjadinya peningkatan kesejateraan di kalangan para petani dan masyarakat sekitarnya serta mampu menjadi unit usaha yang lebih maju.

”Selamat kepada petugas yang memfungsikan lumbung ini berikut sarana pendukungnya sesuai dengan yang seharusnya. Namun demikian, petugas dan masyarakat pun diharapkan bisa bersama-sama menjaga keberadaannya agar tetap mampu memberikan manfaat secara optimal,” pungkasnya. ida

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *