Bupati Kunjungan ke Nagori Bangun Pane

oleh -452 views
SIMALUNGUN, HR – Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, bahwa kesehatan merupakan modal utama bagi setiap orang untuk dapat melaksanakan dapat aktifitas sehari terutama dalam mencari nafkah terlebih untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak. Hal itu dikatakan Bupati dihadapan masyarakat nagori Bangun Pane Kecamatan Dolok Pardamean, ketika melakukan melakukan kunjungan kerja ke nagori itu, Selasa, 14/04/2015.
“Kalau kita sehat tentu dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik,” kata Bupati yang dalam kesempatan itu di dampingi Ketua Komisi 1 DPRD Simalungun Jhon MT Saragih, Anggota DPRD Betty Sinaga, beberapa pimpinan SKPD dijajaranya. Hadir kesempatan itu, Camat Dolok Pardamean Rediana Naibaho bersama Kapolsek dan Danramil, para pangulu se-Kecamatan Dolok Pardamean serta masyarakat.
Bupati menyampaikan, bahwa kunjungan ke Nagori itu dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, diantaranya pelayanan kesehatan gratis, KB gratis dan layanan langsung pembuatan administrasi kependudukan seperti KK, KTP, Akte Lahir maupun Akte Nikah, serta untuk melihat langsung kondisi masyarakat terutama dalam hal kesehatan.
Sehingga dapat diberikan bantuan pengobatan bahkan bila harus dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun berikan bantuan untuk memfasilitasinya.
Dalam kesempatan itu, Pangulu (kepala desa) Bangun Pane Jhon Marulitua Lingga dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bupati bersama rombongan.
Jhon Marulitua Lingga berharap kepada Pemkab Simalungun untuk dapat memberikan perhatian terhadap pembangunan di nagori yang dia pimpinan. “Kami masyarakat Bangun Pane siap medukung program-prongam Bupati Simalungun dalam melaksanakan pembangunan di kabupaten Simalungun,” katanya.
Saat berada di nagori Bangun Pane, Bupati dan rombongan juga meninjau ruas jalan yang longsor dan jembatan yang rusak. Jalan tersebut merupakan penghubung antara Nagori Bangun Pane dengan Nagori Bangun Mariah kecamatan Dolok Pardamean.
Melihat kondisi itu, Bupati memerintah kepada Dinas PU Bina Marga untuk berkoordinasi dengan Bappeda agar segera memprogram untuk pembuatan bronjong. Untuk jembatanyang rusak Bupati Simalungun bantu Rp 100 juta untuk perbaikan jembatan.
Sebelumnya, Bupati juga meninjau SD No 094100 Partuakan. Di sekolah itu Bupati memerintahkan kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata untuk memperkenalkan wisata daerah maupun sejarahnya disetiap ruangan kelas, sehingga anak-anak didik dapat mengetahui dan mengenal aset daerahnya.
Dari hasil kunjungan itu diketahui bahwa akte lahir yang telah terlayani sebanyak 133 orang, akte kawin sebanyak 32 buah, KK sebanyak 26 buah, yang semua merupakan layanan gratis kepada masyarakat.
“Dalam kegiatan pelayanan ini bisa 300 sampai 400 administrasi kependudukan yang terlayani dan semua itu gratis,” kata Kadis Kependudukan dan Cacatan Sipil, Ikuten Ginting. ■ jh

Tinggalkan Balasan